PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

ZULFA, SISKA ANDARI (2024) PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR)
Skripsi Siska Andari Zulfa_A1D118036.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR)
COVER.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR)
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR)
BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Zulfa, Siska Andari. 2024. Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Peran Orang Tua, Proses Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dalam proses pembelajaran pada siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas VI A SDN 131/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi awal untuk menemukan permasalahan, dilanjutkan dengan wawancara serta dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik, menguji dan melihat keabsahan data melalui teknik mengambilan datanya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai peran orang tua dalam proses pembelajaran yaitu orang tua memiliki peran dalam membimbing saat belajar di rumah, orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai motivator, dan orang tua sebagai pengaruh atau director. Hasil yang didapatkan yaitu orang tua sebagai pembimbing dirumah telah mendampingi siswa belajar dengan baik, jika siswa terkendala saat mengerjakan tugas di rumah orang tua dapat membantu kesulitan yang siswa alami, jika orang tua terkendala dalam menjelaskan materi yang ditanyakan siswa orang tua meminta bantuan kepada saudara serta menyedikan guru les tambahan untuk siswa. Orang tua juga menyediakan fasilitas yang cukup sebagai pelengkap dalam siswa melaksanakan pembelajaran di rumah, tidak hanya itu saat siswa merasa jenuh dalam pembelajaran orang tua memberikan motivasi dengan menjanjikan suatu hadiah kepada siswa atau memberikan kalimat-kalimat penyemangat untuk siswa agar tidak malas dalam belajar. Orang tua juga mengarahkan siswa dalam menemukan bakat dan minat yang dimilikinya. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran siswa di rumah. Orang tua telah melakukan perannya dengan baik sebagai pengganti guru. Jika terdapat kendala yang dialami orang tua dalam mendampingi siswa, orang tua mencari orang sebagai penggantinya untuk mendampingi siswa belajar, seperti minta tolong dengan saudara dan memberikan siswa les tambahan. Orang tua telah menyediakan fasilitas, memberikan motivasi, dan sebagai pengaruh. Secara keseluruhan orang tua telah melakukan semua peran dengan cukup baik agar siswa tetap melaksanakan pembelajaran dengan baik pula di rumah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ZULFA
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:32
Last Modified: 30 Sep 2024 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70876

Actions (login required)

View Item View Item