KESESUAIAN MATERI IPA BUKU SISWA KELAS IV SD TERBITAN KEMENDIKBUD TERHADAP PERMENDIKBUD NOMOR 37 TAHUN 2018

DEWI, MERA PUTRI KESESUAIAN MATERI IPA BUKU SISWA KELAS IV SD TERBITAN KEMENDIKBUD TERHADAP PERMENDIKBUD NOMOR 37 TAHUN 2018. UNIVERSITAS JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH MR.pdf

Download (519kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Mera Putri. 2019. Kesesuaian Materi IPA Buku Siswa Kelas IV SD Terbitan Kemendikbud Terhadap Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: kesesuaian, materi IPA, KI/KD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian materi IPA buku siswa kelas IV SD terbitan Kemendikbud terhadap Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 ditinjau dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 45/I Sridadi pada November-Desember 2018 dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian non- interaktif (analisis konten). Data penelitian diperoleh dengan melakukan analisis konten dengan studi dokumentasi (sebagai data utama) dan observasi mengenai ketersedian buku siswa (sebagai data penunjang). Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan model Philipp Mayring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi IPA buku siswa kelas IV SD terbitan Kemendikbud terhadap Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 dikategorikan sangat sesuai dengan persentase kesesuaiannya sebesar 83,07%. Secara umum, materi IPA yang disajikan sudah sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 yang ditinjau dari aspek sikap yang mendukung Perncapaian KI-1 dan KI-2, ditinjau dari aspek pengetahuan yang mendukung pencapaian KD-3 dalam KI-3, dan ditinjau dari aspek keterampilan yang mendukung pencapaian KD-4 dalam KI-4. Setelah melakukan penelitian ditemukan adanya ketidaksesuaian antara materi IPA buku siswa kelas IV dengan KI dan KD. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru untuk menganalisis terlebih dahulu materi yang akan di ajarkan di Sekolah Dasar dan guru harus memiliki sumber belajar yang beragam. Untuk sekolah di harapkan sebelum menetapkan buku yang akan digunakan mestinya dilakukan evaluasi terlebih dahulu untuk menentukan buku mana yang akan digunakan di Sekolah Dasar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MERA PUTRI DEWI
Date Deposited: 04 Feb 2019 00:51
Last Modified: 04 Feb 2019 00:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7089

Actions (login required)

View Item View Item