PENERAPAN SOFTWARE TRACKER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PERCOBAAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI KELAS X MIPA 3 SMAN TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI

MONALISA, MONALISA PENERAPAN SOFTWARE TRACKER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PERCOBAAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI KELAS X MIPA 3 SMAN TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI. JURNAL PENERAPAN SOFTWARE TRACKER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PERCOBAAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI KELAS X MIPA 3 SMAN TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (162kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Monalisa. 2018. Penerapan Software Tracker Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Di Kelas X SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi Pembimbing: (I) Drs. M Hidayat., M.Pd (II) Ahmad Syarkowi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: software tracker, inkuiri terbimbing Kegiatan eksperimen sangat penting dalam pembelajaran fisika. Melalui kegiatan eksperimen peserta didik dapat mengalami dan membuktikan sendiri apa yang dipelajari. Sehingga mereka akan memperoleh gambaran nyata terhadap teori-teori yang telah didapat dari pembelajaran di kelas. Inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika tingkat SMA/MA. Seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas peserta didik melalui eksperimen yang dilakukan, untuk mencari dan menemukan sendiri konsep pembelajaran. Software tracker merupakan suatu software analisis video sebagai alat bantu untuk mengantarkan konsep-konsep fisika dalam ruang kelas melalui kegiatan eksperimen. Penerapan software tracker dapat dimanfaatkan oleh guru, namun guru tidak mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam menerapkan software tracker pada pembelajaran fisika. Beberapa penelitian telah dilakukan dengan memanfaatkan software tracker pada pembelajaran fisika. Tetapi. Penelitian tersebut tidak mendeskripsikan secara jelas proses kegiatan pembelajaran dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan kendala yang dihadapi dalam menerapkan software tracker berbasis inkuiri terbimbing pada materi gerak lurus berubah beraturan di kelas X MIPA 3 SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti pada September 2018. Data Penelitian diperoleh dengan cara teknik pengumpulan data (triangulasi) dari data observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan model Miles and Huberman. Tahapan model Miles and Huberman yaitu data collection, data reduction, data display, dan Conclusions/Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan software tracker sesuai dengan RPP menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kendala yang dihadapi dalam menerapkan software tracker adalah adanya kualitas video yang kurang baik dan adanya peserta didik yang kesulitan dalam memahami dan membaca grafik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat mengarahkan peserta didik dalam kegiatan eksperimen pada proses pembelajaran dengan memanfaatkan software tracker. Guru dapat menerapkan software tracker ke dalam berbagai macam percobaan fisika pada materi lainnya terutama dalam materi gerak atau optik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MONALISA
Date Deposited: 04 Feb 2019 06:51
Last Modified: 04 Feb 2019 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7097

Actions (login required)

View Item View Item