PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS X SMA NEGERI 9 TANJUNG JABUNG TIMUR

FITRIYANSYAH, FITRIYANSYAH PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS X SMA NEGERI 9 TANJUNG JABUNG TIMUR. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS X SMA NEGERI 9 TANJUNG JABUNG TIMUR.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (821kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Fitriyansyah . 2016. Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Program Linear Kelas X SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur . Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Gugun M.Simatupang, M.Si (II) Drs. Husni Sabil, M.Pd Kata Kunci : Matematika Realistik Indonesia, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dan model pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran Program Linear. Dengan menerapkan model pembelajaran Matematika Realistik Indonesia diharapkan siswa menjadi lebih mudah menangkap pembelajaran matematika dan dapat meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil belajar matematika kelas X SMAN 9 Tanjung Jabung Timur Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan posstest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 9 Tanjung Jabung Timur tahun ajaran 2016/2017. Kelas eksperimen berjumlah 27 orang siswa, yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik Indonesia guna melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t, antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di peroleh thitung > ttabel yaitu 1,915 > 1,703. Artinya rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik Indonesia lebih besar dari rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) Perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel menunjukkan adanya pengaruh treatment yang diberikan pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA N 9 Tanjung Jabung Timur.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: FITRIYANSYAH
Date Deposited: 04 Feb 2019 06:51
Last Modified: 04 Feb 2019 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item