Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase D Dalam Pembentukan Karakter Pada Siswa Di SMP Negeri 11 Kabuaten Tebo

Ariyanto, Yan (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase D Dalam Pembentukan Karakter Pada Siswa Di SMP Negeri 11 Kabuaten Tebo. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi_Yan Ariyanto_Asli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan utama mengenai rendahnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa di SMP Negeri 11 Kabupaten Tebo. Fenomena ini terlihat dalam berbagai kegiatan sekolah, seperti upacara bendera, interaksi antara guru dan siswa, serta ketidakmampuan siswa dalam memverifikasi informasi secara kritis. Meskipun Pancasila merupakan dasar ideologi bangsa, implementasinya dalam karakter siswa masih kurang maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendokumentasikan proses implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase D dalam pembentukan karakter siswa, serta mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung dalam proses tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa, guru, dan orang tua terhadap Projek P5 sebagai upaya pembentukan karakter siswa. Penelitian difokuskan pada siswa, guru, dan staf pengajar yang terlibat dalam program P5 Fase D, serta orang tua siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan data primer diperoleh dari wawancara langsung dan data sekunder dari dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan beberapa poin penting terkait dengan implementasi Projek P5 di SMP Negeri 11 Kabupaten Tebo. Terdapat ketidakmerataan pemahaman di antara guru mengenai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan beban administrasi yang tinggi menjadi penghambat dalam pelaksanaan Projek. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa masih kurang menunjukkan sikap hormat dan penghargaan terhadap guru dan teman-teman mereka. Dampak P5 terhadap kehidupan sehari-hari siswa juga masih kurang terlihat, dengan banyak siswa yang tidak menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam interaksi sosial. Di luar pelaksanaan P5, sekolah juga melaksanakan berbagai kegiatan tambahan yang bertujuan untuk mendukung pengembangan karakter siswa, meskipun perlu integrasi yang lebih baik dengan pelaksanaan P5. Sekolah telah berkomitmen untuk memberikan dukungan menyeluruh dalam membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, mandiri, dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran yang lebih jelas tentang tantangan dan upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan P5 serta dampaknya terhadap karakter siswa di SMP Negeri 11 Kabupaten Tebo.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pembentukan Karakter, Kearifan lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: ARIYANTO
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:25
Last Modified: 04 Oct 2024 02:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71057

Actions (login required)

View Item View Item