ANGGRAINI, YENI PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PM (PEMESINAN) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PM (PEMESINAN) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI.
Text
COVER.docx Download (27kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (641kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK Anggraini,Yeni: 2018. Pengaruh Disiplin Belajar Dikelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI PM (Pemesinan) Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMK Negeri 3 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembimbing I Dr. Drs. Akmal Sutja,M. Pd. Pembimbing II Dona Sariani,S.Pd, M. Pd. Kata-kata Kunci: Disiplin Belajar Dikelas, Hasil Belajar Disiplin belajar merupakan suatu tata tertib yang dapat mengatur tatanan kehidupan dari perubahan tingkah laku serta kemampuan diri didalam proses pembelajaran. Sikap siswa yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku nilai-nilai ketaatan dan keteraturan berdasarkan acuan nilai normal individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang mencakup perubahan berfikir, sikap, dan tindakan yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan seseorang dalam belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dikelas terhadap hasil belajar siswa kelas XI PM (Pemesinan) pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 3 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019 .Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto, dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kota Jambi pada siswa kelas XI PM (Pemesinan) dengan sampel berjumlah 80 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, kemudian diolah dengan dengan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 16.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar dikelas kategori tinggi dengan presentase 49% dan hasil belajar dengan kategori cukup dengan presentase 25%. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dikelas dan hasil belajar. Besaran pengaruh dalam uji hipotesis sebesar 0,644 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Dalam koefisien determinasi terdapat pengaruh R2 sebesar 0,440 atau pengaruh sebesar 44%. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru untuk meningkatkan disiplin belajar siswa pada proses pembelajaran, guru sebaiknya berupaya untuk menumbuhkan dan meningkatkan disiplin belajar siswa dengan cara memberikan pemahaman tentang disiplin dalam hal belajar dan memberikan pembinaan yang berlanjut yang menjadikan siswa mempunyai kedisiplinan dalam kegiatan belajar dikelas.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YENI ANGGRAINI |
Date Deposited: | 06 Feb 2019 08:00 |
Last Modified: | 06 Feb 2019 08:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7107 |
Actions (login required)
View Item |