PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROUND TABLE TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII SMP NEGERI 30 KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2024/2025

Aprianti, Anis and Usmanto, Heri and Sariani, Dona (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROUND TABLE TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII SMP NEGERI 30 KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
3. BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
4. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
6. SKRIPSI ANIS APRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
7. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (666kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya sikap demokratis yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo. Hasil observasi awal terlihat bahwa sikap demokratis yang dimiliki oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo pada mata pelajaran PPKn masih tergolong rendah yaitu sebesar 21%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran kooperatif round table terhadap sikap demokratis siswa SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan Posttest Only Control Design. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo yang berjumlah 64 siswa, yaitu kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan bantuan Software SPSS 23 for windows diperoleh hasil analisis Uji-t, dimana dari hasil Uji-t tersebut diketahui thitung sebesar 5,903 lebih besar dari ttabel. Pada df 62 dan α = 0,05, karena menggunakan Sig (2-tailed) maka alpha dibagi 2 yaitu 0,05 : 2 = 0,025, sehingga di dapat ttabel = 1,998. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa 5,903 > 1,998. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang dapat diambil adalah “Terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif round table terhadap sikap demokratis siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo tahun ajaran 2024/2025”.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif, Round Table, Sikap Demokratis, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Aprianti
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:31
Last Modified: 07 Oct 2024 04:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71129

Actions (login required)

View Item View Item