ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK PADA FASE C SEKOLAH DASAR

Nofriani, Endang and Kuntarto, Eko and Eka Putri, Andi Gusmaulia (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK PADA FASE C SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK_.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I_.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB V_.pdf

Download (144kB)
[img] Text
COVER_.pdf

Download (696kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (357kB)
[img] Text
ENDANG NOFRIANI_A1D120144_SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (148kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca pemahaman siswa pada fase C Sekolah Dasar, khususnya dalam memahami cerita pendek. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengevaluasi kemampuan siswa dalam tiga aspek utama : menentukan ide pokok, menjawab pertanyaan secara komprehensif, dan menceritakan kembali isi bacaan.Penelitian dilakukan di SDN 95/VI Parit Ujung Tanjung I pada bulan Juli-Agustus 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh secara langsung melalui observasi, tes pemahaman bacaan yang diberikan kepada siswa serta wawancara untuk mendapatkan gambaran mendalam mengenai kemampuan siswa dalam memahami cerita pendek. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SDN 95/VI Parit Ujung Tanjung I tahun ajaran 2024/2025 menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan siswa dalam memahami bacaan cerita pendek menunjukkan bahwa hanya 2 dari 12 siswa yang dapat menentukan ide pokok dengan tepat, selebihnya masih mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menentukan ide pokok disebabkan oleh keterbatasan dalam kosakata yang menghambat pemahaman mereka. (2) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara komprehensif menunjukkan bahwa hanya 4 dari 12 siswa yang mampu menjawab pertanyaan, selebihnya masih mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut disebabkan karena siswa tidak memahami soal dengan baik. Selain itu, siswa juga cenderung terburu-buru dan kurang teliti dalam menyelesaikan soal Kemampuan menceritakan kembali isi bacaan juga rendah (3) Kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi bacaan menunjukkan bahwa hanya 3 dari 12 siswa yang mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan baik. Namun, selebihnya masih mengalami kesulitan. Adapun kesulitan yang dialami siswa di antaranya sulit mengingat detail cerita, tidak mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri terlihat dari jawaban siswa yang hanya menyalin teks bacaan saja. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman cerita pendek pada fase C sekolah dasar masih dalam kategori tidak paham. This study aims to analyze students' reading comprehension skills in phase C of elementary school, especially in understanding short stories. The main focus of this study is to identify and evaluate students' abilities in three main aspects: determining the main idea, answering questions comprehensively, and retelling the content of the reading. The research was conducted at SDN 95/VI Parit Ujung Tanjung I in July-August 2024. This research used a qualitative approach with a case study type of research. The data in this study were obtained directly through observation, reading comprehension tests given to students and interviews to get an in-depth picture of students' ability to understand short stories. The subjects in this study were grade V students. The data validity test used triangulation of techniques and time.The results of the research conducted at SDN 95/VI Parit Ujung Tanjung I in the 2024/2025 school year show that: (1) Students' ability to understand short story reading shows that only 2 out of 12 students can determine the main idea correctly, the rest still have difficulty in determining the main idea. The difficulties faced by students in determining the main idea are caused by limitations in vocabulary which hinder their understanding. (2) Students' ability to answer questions comprehensively shows that only 4 out of 12 students are able to answer questions, the rest still experience difficulties in answering questions.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Membaca Pemahaman, Cerita Pendek, Fase C, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NOFRIANI
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:49
Last Modified: 09 Oct 2024 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71191

Actions (login required)

View Item View Item