-, Anton (2024) STRATEGI KEMENANGAN INDRA GUNTUR DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (PILKADES) DI DESA MUARA BAHAR KECAMATAN BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN PERIODE TAHUN 2022-2028. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (455kB) |
Abstract
Pemilihan Kepala Desa (pilkades) menjadi salah satu manifestasi dari pelaksanaan demokrasi di tingkat lokal. Pilkades bukan sekadar proses pemilihan kepala pemerintahan desa, tetapi juga mencerminkan praktik demokrasi lokal yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam menentukan pemimpin mereka. Pilkades menjadi ajang penting untuk mengekspresikan hak pilih dan kebebasan menentukan pilihan sesuai nurani rakyat. calon perlu mengembangkan yang pendekatan strategi untuk Setiap atau memperoleh dukungan masyarakat. Sehingga penelitian ini bertujuan menganalisis strategi kemenangan yang diterapkan oleh Indra Guntur dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Muara Bahar, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, periode tahun 2022-2028. Metode penelitian dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan populasi penelitian ini mencakup seluruh pemilih dan stakeholder terkait di Desa Muara Bahar. Dan kemudian disampelkan secara purposive, dengan mempertimbangkan pemilih, tokoh masyarakat, dan anggota tim kampanye yang terlibat dalam strategi kemenangan Indra Guntur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dianalisis melalui strategi politik dan marketing politik. Strategi ofensif dalam kampanye Indra Guntur juga berfokus pada penawaran solusi dan program-program yang relevan dengan kebutuhan masyarakat secara proaktif. Sementara Strategi defensif dilakukan dengan menjaga hubungan baik dengan semua pihakdan memastikan bahwa tidak ada isu besar yang bisa dimanfaatkan adalah beberapa program pembangunan infrastruktur seperti perbaikan jalan desa dan fasilitas kesehatan. Kedua, promosi strategi yang dilakukan adalah promosi melalui media sosial seperti Facebook dan WhatsApp. Ketiga, harga dalam hal ini strategi berkaitan dengan komitmen, tanggung jawab, dedikasi calon dalam mendegarkan keluhan dan memastikan program yang akan dijalankan. Terakhir berkaitan dengan strategi tempat dalam hal ini kampanye calon dilakukan di tempat yang mudah dijangkau dan dikunjungi masyarakat seperti balai desa, pasar dan tempat umum lainnya. Kata Kunci: Kemenangan, Kepala Desa, Pemilihan, Pilkades, Strategi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Election, Head, Strategy, Victory, Village Pilkades |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | ANTON |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |