Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Fase C.

Siregar, Pariang Sonang (2024) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Fase C. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Disertasi Pariang Sonang Siregar (Cover).pdf

Download (194kB)
[img] Text
Disertasi Pariang Sonang Siregar (Abstrak).pdf

Download (182kB)
[img] Text
Disertasi Pariang Sonang Siregar (BAB I).pdf

Download (346kB)
[img] Text
Disertasi Pariang Sonang Siregar (Dapus).pdf

Download (504kB)
[img] Text
Disertasi Pariang Sonang Siregar (BAB V).pdf

Download (209kB)
[img] Text
Disertasi Pariang Sonang Siregar (FULL).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan (Pariang Sonang).pdf

Download (124kB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Pembelajaran matematika sangat erat kaitannya dengan literasi numerasi dalam proses penerapannya. Pembelajaran berdiferensiasi dapat menunjang pengembangan kompetensi pembelajaran matematika termasuk dalam aspek literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran matematika berdiferensiasi dalam meningkatkan literasi numerasi siwa Sekolah Dasar fase C. Penelitian ini menggunakan metode action research atau penelitian tindakan. Penelitian ini dilakukan di Kelas V Utsman bin Affan SD Muhammadiyah Rambah Kab. Rokan Hulu dengan total sampel sebanyak 28 siswa. Pada penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Kemis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklusnya. Model Kemmis Mc. Taggart terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan guru kelas V SD Muhammadiyah Rambah yang telah dibekali modul ajar matematika berdiferensiasi, tes AKM dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V Utsman bin Affan SD Muhammadiyah Rambah berada pada kategori sedang pada saat assesmen awal. Setelah penerapan pembelajaran matematika berdiferensiasi, Kemampuan literasi numerasi siswa kelas V Utsman bin Affan SD Muhammadiyah Rambah berada pada kategori sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa fase C

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Matematika, Literasi Numerasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Pariang Sonang Siregar
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:00
Last Modified: 09 Oct 2024 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71283

Actions (login required)

View Item View Item