Nofrita, Misra (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT MASYARAKAT PASIR PENGARAIAN SEBAGAI PENGUATAN PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TINGKAT SMP. S3 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
DISERTASI MISRA (Cover).pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
DISERTASI MISRA (Abstrak).pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
DISERTASI MISRA (BAB 1).pdf Download (560kB) |
![]() |
Text
DISERTASI MISRA (Dapus).pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
DISERTASI MISRA (BAB V).pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DISERTASI MISRA (Full).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan (Misra Nofrita).pdf Download (73kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat masyarakat Pasir Pengaraian Rokan Hulu Riau dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai penguatan projek profil pelajar pancasila serta membuat rancangan modul projek sebagai penguatan Projek profil pancasila di tingkat SMP. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan model penelitian analisis konten. Data dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu. Data yang dimaksud menyangkut kata, kalimat, ungkapan yang mengandung nilai pendidikan karakter yang ada dalam cerita Rakyat dengan sumber data diperoleh dari informan yang mengetahui tentang cerita rakyat Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu dan buku cerita rakyat Rokan Hulu. Untuk menemukan dan mengumpulkan data tentang nilai�nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Pasir Pengaraian, menggunakan teknik Hermeneutik menurut Richard Palmer (1969). Nilai-nilai pendidikan karakter yang menjadi acuan adalah menurut pendapat Lickona dengan pembagian nilai-nilai pendididikan karakter menjadi: (1) Rasa tanggung jawab; (2) kejujuran; (3) kasih sayang; (4) keadilan; (5) keberanian; (6) disiplin diri; (7) menolong; (8) kerjasama; (9) Kehati-hatian. Selain itu ditemukan nilai pendikan yang lain seperti: (1) kepedulian dan (2) kemandirian. Berdasarkan hal tersebut yang paling dominan adalah nilai pendidikan karakter keberanian yang ditemukan. Nilai pendidikan karakter yang tidak ada adalah nilai toleransi. Berdasarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam cerita rakyat Rokan Hulu tersebut, ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang menjadi penguatan projek profil pelajar pancasila yaitu: (1) tanggung jawab; (2) kejujuran; (3) keberanian; (4) kerjasama dan (5) Kemandirian yang dimuat dalam modul projek profil pelajar pancasila. Berdasarkan hasil penelitian maka, dapat disimpulkan bahwa pertama, nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam cerita rakyat Rokan Hulu ditermukan sebanyak 114 data. Dalam validasi modul projek ini didapat tiga kriteria mulai dari aspek isi, aspek kebahasaan, dan aspek penyajian. Serta juga dimuat saran dari validator. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul projek P5 ini sudah layak dan bisa diterapkan di tingkat SMP khususnya di Rokan Hulu untuk projek P5 yang mengangkat tema tentang kearifan Lokal dengan mengangkat cerita
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerita Rakyat, nilai, pendidikan, karakter |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Kependidikan |
Depositing User: | Misra Nofrita |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:00 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |