Nur Latifah, Eva (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya pada materi bangun ruang kelas VII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran yang dilakukan masih monoton serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan dan mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas multimedia interaktif menggunkan macromedia flash dengan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang kelas VII SMP berdasarkan kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah guru bidang studi matematika dan siswa kelas VII D SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo dengan validatornya dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi instrument, angket validasi materi, angket validasi desain, angket praktikalitas pendidik, angket praktikalitas siswa dan angket tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perolehan persentase validasi materi sebesar 87,36% dengan kategori “sangat valid”, perolehan persentase validasi desain sebesar 85,88% dengan kategori “sangat valid”, perolehan persentase praktikalitas oleh guru sebesar 95% dengan kategori “sangat praktis”, perolehan persentase praktikalitas oleh siswa sebesar 82,61% dengan kriteria “sangat praktis” dan hasil perhitungan N-gain dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 71,45% dengan kategori “efektif”. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dapat meningkat menggunakan multimedia interaktif dengan model problem based learning. This research was motivated by the low mathematical communication skills of students, especially in classroom building material for class VII SMP Negeri 30 Tebo Regency. This happens because the learning process is still monotonous and there is a lack of use of learning media during the learning process. The aim of this development research is to produce and describe the development process and quality of interactive multimedia using Macromedia Flash with a problem based learning model to improve students' mathematical communication skills in classroom material for class VII SMP based on valid, practical and effective criteria. This development research was carried out using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) development model. The test subjects in this research were mathematics teachers and students of class VII D of SMP Negeri 30 Tebo Regency with the validator being a lecturer in Mathematics Education, FKIP, Jambi University. Data collection techniques used instrument validation questionnaires, material validation questionnaires, design validation questionnaires, educator practicality questionnaires, student practicality questionnaires and student mathematical communication ability test questionnaires. The type of data used in this research is qualitative and quantitative data. The results obtained from this research were the material validation percentage of 87.36% in the "very valid" category, the design validation percentage of 85.88% in the "very valid" category, the teacher's practicality percentage of 95% in the "very valid" category. very practical", the percentage of practicality obtained by students was 82.61% with the criteria "very practical" and the results of the N-gain calculation in increasing students' mathematical communication skills were 71.45% with the "effective" category. Thus it can be seen that students' mathematical communication skills can improve using interactive multimedia with a problem based learning model.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Latifah |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 08:23 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 08:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |