ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI LET’S READ MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION

Verdi, Mohd.Rafi (2024) ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI LET’S READ MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK_Skripsi_Mohd.Rafi Verdi_F1E119131.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB 1_Skripsi_Mohd.Rafi Verdi_F1E119131.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V_Skripsi_Mohd.Rafi Verdi_F1E119131.pdf

Download (68kB)
[img] Text
COVER_MOHD.RAFI VERDI_F1E119131.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Mohd.Rafi Verdi_F1E119131.pdf

Download (82kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_Mohd.Rafi Verdi_F1E119131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN_Mohd.Rafi Verdi_F1E119131.pdf

Download (194kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Aplikasi Let’s Read merupakan salah aplikasi yang berbasis perpustakaan digital yang menyuguhkan buku bacaan bergambar yang berfokus pada seni, pendidikan, dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil evaluasi usability pengguna Let’s Read dengan metode Heuristic Evaluation (HE) serta merancang ulang antar muka (Hifi) berdasarkan hasil evaluasi Usability Evaluation tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden yang dipilih. Dimana respoden terdiri dari 3 karakteristik yaitu responden awam (15) responden biasa (15) dan responden ahli (5). Total Sampel yang diuji dari 3 kategori responden diatas yaitu 35 sampel. Berdasarkan dari hasil perhitungan data serta pembahasan pada penelitian yang telah dilakukan dari 3 kategori responden yang diteliti dan diminta ulasan terhadap aplikasi ini, memberi nilai menggunakan severity rating dengan nilai rata-rata 0 (tidak ada permasalahan pada usability) dan 1 (Cosmetic Problem), yang artinya tidak ada permasalahan pada tampilan UI pada aplikasi Let’s Read untuk wajib diperbaiki. Namun peneliti tetap memberikan rekomendasi Hifi dengan merancang ulang tampilan aplikasi tersebut dari hasil evaluasi tadi. Setelah redesain peneliti kembali melakukan pengujian kedua terhadap responden ahli, dan hasilnya mendapatkan nilai rata-rata menjadi 0 yang artinya tampilan setelah redesain lebih baik dibanding tampilan awalnya. Kesimpulanya aplikasi Let’s Read sistemnya sudah layak digunakan dan fitur didalam sistem sudah berjalan dengan semestinya, dan User Experience dari pengguna aplikasi ini rata-rata cukup puas dan menilai aplikasi ini sudah sangat baik. Dan untuk fokus penelitian ini yaitu pada pengguna Rumah Baca Jakose dimana mereka juga memberikan penilaian sebagai responden biasa dan peneliti sangat merekomendasikan aplikasi ini untuk terus digunakan pada pendampingan belajar mengajar pada rumah baca tersebut karena aplikasi ini sudah sangat baik untuk mendukung pembelajaran kepada anak-anak.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Usability, Edukasi Digital, Evaluasi Heuristic, Aplikasi Let’s Read, Antarmuka Pengguna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: VERDI
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:56
Last Modified: 14 Oct 2024 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71520

Actions (login required)

View Item View Item