Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi

Harahap, Shinta Maya Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
SKRIPSI SHINTA MAYA HARAHAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (296kB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan awal untuk memahami keberlanjutan materi yang dipelajari, pemahaman konsep juga merupakan dasar landasan yang penting untuk berfikir supaya dapat menyelesaikan permasalahan dikehidupan nyata. Selain itu mengingat pentingnya kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika dikarenakan kemampuan pemahaman konsep menjadi salah satu dari tujuan pembelajaran matematika, maka dari itu penelitian ini di latar belakangi untuk mengetahui kemampuan pehaman konsep matematis siswa. Banyak faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep dan setiap siswa memiliki tingkat pemahaman konsep matematis yang berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor internal dan faktor eksternal siswa. Salah satu faktornya adalah gaya belajar yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Oleh sebab itu, digunakan gaya belajar sebagai pertinjauan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghasilkan gambaran yang mengenai kemampuan pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah matematika dalam menyelesaikan ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al Falah Kota Jambi dengan subjek penelitian yaitu 6 siswa yang terdiri dari siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditor, dan kinestetik yang di pilih dengan teknik purposive sampling. Peneliti mengambil materi sistem persamaan linear dua variabel dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan intrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan wawancara. Hasil yang di dapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berbeda-beda, gaya belajar mempengaruhi kemampuan siswa. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Menyelesaikan Masalah, Gaya Belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HARAHAP
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:39
Last Modified: 14 Oct 2024 04:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71549

Actions (login required)

View Item View Item