MUBARAK, M (2024) MODEL PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI M.MUBARAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan model pembelajaran demonstrasi kaligrafi serta faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model pembelajaran yang diterapkan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi pada bulan Agustus sampai dengan September 2024. Data penelitian ini diperoleh dengan cara Survey Demografi, Observasi, Interview/Wawancara dan Dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Dosen Pengampu Mata Kuliah Kaligrafi dan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran kaligrafi yang diterapkan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi pada model demonstrasi dan latihan atau drill yang tepat dapat menjadikan pembelajaran menulis kaligrafi menjadi aktif dan partisipatif, membuat siswa paham dan mengerti cara menulis kaligrafi dengan mudah serta meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. 2) terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model demonstrasi, adapun faktor pendukung yakni a) minat mahasiswa terhadap seni kaligrafi akan lebih termotivasi untuk berlatih dan mengembangkan keterampilan mereka dan b) media pembelajaran yang digunakan oleh dosen pengampu kaligrafi yang digunakan dosen dalam melakukan pembelajaran kaligrafi di program studi pendidikan bahasa arab Universitas Jambi, yakni platform Youtube. Adapun faktor penghambat yakni a) keterbatasan kompetensi keahlian dosen dalam pembelajaran kaligrafi, serta b) sarana dan prasarana yang masih belum memadai seperti peralatan menulis ataupun ruangan menulis kaligrafi. Kata kunci: Model Pembelajaran, Kaligrafi, Maharah Kitabah
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kaligrafi, Maharah Kitabah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | MUBARAK |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:47 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |