Azzikra Lutfi, Jahida (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO VLOG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP IT AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas UNJA.
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka-1.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
terbaruuu.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (546kB) |
Abstract
Lutfi, Jahida Azzikra, 2024. Penggunaan Media Pembelajaran Vidio Vlog Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahas Arab Dan Berpikir Kritis Siswa Smp It Ahmad Dahlan Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. KA. Rahman, M.Pd.I. (II) Helmun Jamil, S.S.,M.A. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Minat Belajar, Vidio Vlog. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah media pembelajaran berupa video blog (vlog) yang dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa SMP Ahmad Dahlan kota Jamb dan untuk melihat apakah media pembelajaran berupa video blog (vlog) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP Ahmad Dahlan kota Jambi Penelitian ini dilakukan di SMP Ahmad Dahlan kota Jambi pada tahun 2024. Data penelitian ini di dapatkan dengan cara memberikan Angket, Observasi dan dokumentasi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP IT Ahmad Dahlan Kota Jambi. Hasil uji penggunaan produk terhadap 125 siswa dengan hasil analisa regresi linear sederhana diperoleh hasil 0,024 lebih kecil dari 0,05 sesuai dengan dasar pengambilan Keputusan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video vlog dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab. Serta berdasarkan observasi aktivitas pembelajaran terutama pada aktivitas minat belajar siswa rata – rata memperoleh nilai 2,69 dengan kategori baik sekali dan penggunaan media pembelajaran video vlog sudah tepat dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal tersebut didasari dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan uji penggunaan produk terhadap 125 siswa dengan hasil analisa regresi linear sederhana diperoleh hasil 0,021 lebih kecil dari 0,05 sesuai dengan dasar pengambilan Keputusan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video vlog dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Arab. Serta berdasarkan observasi aktivitas pembelajaran terutama pada Tingkat keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rata – rata memperoleh nilai 2,46 dengan kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran video vlog dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab dan penggunaan media pembelajaran video vlog dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Arab. .
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Lutfi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:16 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |