Fazliani, Bella (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (187kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu tentang bagaimana strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik dalam Indikator mempertanyakan, memprediksi, serta mengomunikasikan hasil pada pembelajaran IPAS kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh secara langsung melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen bersama guru wali kelas V A yaitu Ibu S dan peserta didik kelas V A dengan jumlah siswa 28 orang (14 orang laki-laki dan 14 orang perempuan). Setelah melakukan serangkaian teknik pengumpulan data selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu dengan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, serta memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran IPAS guru telah menerapkan berbagai strategi. Pemilihan strategi yang dilakukan guru didasari pada capaian pembelajaran, dimana pada prosesnya ditemui beberapa langkah yang menunjang peserta didik untuk dapat berbicara, diantaranya pada langkah mempertanyakan, memprediksi serta mengomunikasikan hasil. Guru merancang strategi pembelajaran dalam bentuk modul ajar yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Sehingga keberhasilan pengembangan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran IPAS di kelas V A tergantung dari perencanaan strategi yang dirancang oleh guru. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu guru kelas V A telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi sekolah untuk memberi dorongan penuh bagi guru yang ingin mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik dengan strategi-strategi yang dimilikinya. Serta bagi guru, hendaknya terus meningkatkan kompetensi dan wawasan untuk selalu berinovasi dalam pembelajaran menggunakan strategi-strategi yang mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Keterampilan Berbicara Peserta Didik, Pembelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FAZLIANI |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:02 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71792 |
Actions (login required)
View Item |