Keefektifan Penggunaan Strategi Mnemonic Akronim dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata IPAS Topik Cahaya

Yunita, Resky Dwi (2024) Keefektifan Penggunaan Strategi Mnemonic Akronim dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata IPAS Topik Cahaya. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan strategi mnemonic akronim dalam meningkatkan daya ingat siswa. 2) mendeskripsikan penggunaan strategi mnemonic akronim dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat akronim. 3) mendeskripsikan keefektifan penggunaan strategi mnemonic akronim dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS topik cahaya. Penelitian ini dilakukan di SDN 17/I Rantau Puri pada tahun pelajaran2024/2025. Dengan sampel yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental (pra eksperimen) dengan menggunakan desain penelitian “pre-test serta post-test one group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 17/I Rantau Puri yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes daya ingat dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bawha 1) ada peningkatan daya ingat siswa secara signifikan, hal ini ditunjukkan melalui perolehan rata-rata nilai untuk tes daya ingat siswa pada pretest sebesar 51,30 sedangkan posttest sebesar 68,26. 2) ada peningkatan kemampuan membuat akronim secara signifikan, hal ini ditunjukkan melalui perolehan nilai ratarata untuk tes membuat akronim siswa pada pretest sebesar 58,09 sedangkan posttest sebesar 76,91. 3) ada peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan, hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dengan uji paired sample t-test diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 11,163 > 2.073 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa penggunaan strategi mnemonic akronim dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS topik cahaya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi mnemonic akronim efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan untuk guru dan pihak sekolah untuk mengupayakan penggunaan pembelajaran dengan strategi mnemonic akronim karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Mnemonic Akronim, Hasil Belajar This study aims to 1) describe the use of mnemonic acronym strategies in improving students' memory. 2) describe the use of the mnemonic strategy of acronyms in improving students' ability to make acronyms. 3) describe the effectiveness of using the mnemonic acronym strategy in improving student learning outcomes in science and science subjects on the topic of light. This research was conducted at SDN 17/I Rantau Puri in the 2024/2025 school year. With a sample of 23 students. This study uses a quantitative approach with a type of pre-experimental research (pre-experiment) by using a research design "pre-test and post-test one group design". The population in this study is all grade V students of SDN 17/I Rantau Puri which totals 23 students. The sampling technique used in this study is total sampling. The data collection technique was carried out using memory test instruments and learning outcome tests. The analysis techniques used are descriptive statistical analysis and inferential analysis. The results of the study showed that 1) there was a significant increase in students' memory, this was shown through the acquisition of the average score for the student memory test in the pretest of 51.30 while the posttest was 68.26. 2) There was a significant increase in the ability to make acronyms, this was shown through the acquisition of the average score for the test of making students' acronyms in the pretest of 58.09 while the posttest was 76.91. 3) there is a significant increase in student learning outcomes, this is shown from the results of the t-test with the paired sample t-test obtained a calculated t-value greater than the t-table, which is 11.163 > 2.073 and Sig. (2 tailed) = 0.000 < 0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. Therefore, it can be concluded that the use of the mnemonic acronym strategy can improve student learning outcomes in science and science subjects on the topic of light. From the results of this study, it can be concluded that the use of mnemonic acronyms strategies is effective in improving student learning outcomes. Therefore, it is recommended for teachers and schools to strive to use learning with the mnemonic acronym strategy because it can improve student learning outcomes. Keywords: Influence, Mnemonic Acronyms, Learning Outcomes

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Mnemonic Akronim, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Yunita
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:43
Last Modified: 31 Oct 2024 07:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71799

Actions (login required)

View Item View Item