Hubungan Persepsi Beban Kerja dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara IV Regional 4

Firmansyah, Denny and Saputra, Nofrans Eka and Rahim, Beny (2024) Hubungan Persepsi Beban Kerja dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara IV Regional 4. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

LATAR BELAKANG PT Perkebunan Nusantara IV Regional 4 adalah anak perusahaan yang baru-baru ini mengalami perubahan dalam struktur departemen dan pembagian jobdesk masing-masing departemen yang ada. Hal ini menyebabkan adanya perubahan tugas kerja dan adanya penyesuaian kembali pekerjaan oleh karyawan. Penyesuaian jobdesk pekerjaan memicu munculnya persepsi beban kerja yang berbeda-beda di setiap karyawan, persepsi tersebut menjadi salah satu faktor pengaruh kepuasan karyawan terhadap pekerjaan yang ia lakukan. TUJUAN Mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi beban kerja dengan kepuasan kerja karyawan kantor pusat PT Perkebunan Nusantara IV Regional 4 METODE Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional dengan melibatkan 95 responden dari populasi penelitian yakni 124 karyawan di kantor pusat PTPN IV regional 4. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling menggunakan rumus Slovin dengan instrument pengukuran skala persepsi beban kerja dan kepuasan kerja yang dianalisis menggunakan korelasi product moment. HASIL Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa persepsi beban kerja memiliki hubungan negatif signifikan dengan kategori sedang terhadap kepuasan kerja karena memiliki koefisien korelasi sebesar -0.450 dan nilai signifikansi (0.000) dengan p value (<0.05). Artinya bergerak tidak searah. Pergerakan tidak searah ini membuktikan bahwa semakin rendah skor beban kerja maka semakin positif persepsi beban kerja sehingga semakin tinggi kepuasan kerja pada karyawan begitu pula sebaliknya, semakin tinggi skor beban kerja maka semakin negatif persepsi beban kerja sehingga kepuasan kerja pada karyawan semakin rendah. KESIMPULAN Hasil korelasi yang negatif menunjukkan bahwa karyawan pada penelitian ini menganggap beban kerja yang telah diberikan perusahaan wajib dilaksanakan dan merupakan tanggungjawab untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan. Karyawan merasa tetap semangat dan pantang menyerah dengan sikap penuh semangat dalam bekerja, memberikan kinerja yang baik. Kata Kunci: Persepsi, Beban Kerja, Kepuasan Kerja BACKGROUND PT Perkebunan Nusantara IV Regional 4 is a new subsidiary which has experienced changes in the department structure and division of job desks for each existing department. This causes changes in work assignments and readjustments to work by employees. Adjusting job descriptions triggers the emergence of different workload perceptions for each employee, this perception is one of the factors influencing employee satisfaction with the work they do. PURPOSE To find out whether there is a relationship between perceived workload and job satisfaction of PT Perkebunan Nusantara IV Regional 4 head office employees METHOD This research uses a correlational type of quantitative method involving 95 respondents from the research population, namely 124 employees at PTPN IV regional head office 4. The sampling technique in this research is purposive sampling using the Slovin formula with a scale measuring instrument for perception of workload and job satisfaction which is analyzed using product moment correlation. RESULTS The results of this research prove that perceived workload has a significant negative relationship with the medium category on job satisfaction because it has a correlation coefficient of -0.450 and significance value (0.000) with p value (<0.05). This means it moves not in the same direction. This unidirectional movement proves that the lower the value of the workload perception variable, the higher the job satisfaction of employees at PT Perkebunan Nusantara IV Regional 4. CONCLUSION The negative correlation results indicate that the employees in this study consider the workload given by the company to be carried out and it is their responsibility to complete the work according to the time determined by the company. Employees feel enthusiastic and never give up with a passionate attitude at work, providing good performance. Kata Kunci: Perception, workload, job satisfaction

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Beban Kerja, Kepuasan Kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: FIRMANSYAH
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:04
Last Modified: 31 Oct 2024 07:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71817

Actions (login required)

View Item View Item