INTERPRETASI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM MENGIKUTI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

pernanda, reski (2024) INTERPRETASI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM MENGIKUTI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM). S1 thesis, PENDIDIKAN BAHASA ARAB.

[img] Text
SKRIPSI RESKI REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover reski new.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Pengesahan reski.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK RESKI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I RESKI.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB V reski.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN reski.pdf

Download (404kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Fernanda, Riski 2024. Interpretasi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Dalam Mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Muhammad Sobri, S.Pd.I., M.Pd., (II) Rofiazka Fahmi Huda, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Interpretasi, Mahasiswa, MBKM Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami Interpretasi pengalaman hidup mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi selama mengikuti pelaksanaan MBKM Kampus Mengajar serta faktor-faktor dalam pelaksanaan MBKM yang terjadi. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi pada bulan Mei sampai dengan Juni 2024. Data penelitian ini diperoleh dengan cara Survey Demografi, Interview/Wawancara dan Focus Group Discussions. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab tahun 2021 yang mengikuti Kampus Mengajar angkatan 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman yang dialami oleh mahasiswa kampus mengajar angkatan 5 selama mengikuti pelaksanaan MBKM kampus mengajar bahwa Interpretasi mahasiswa terhadap pelaksanaan MBKM menunjukkan persepsi yang baik, program KM sangat efektif dilaksanakan. Terdapat faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan KM 5, yakni pada faktor penghambat 1) dukungan DPL dan guru pamong di sekolah, 2) kerjasama anggota tim KM 5. Adapun faktor penghambat sebagai berikut; 1) ketidaksesuaian (mismatch) bidang keahlian mahasiswa dengan penempatan sekolah, 2) sarana prasarana yang kurang memadai, serta 3) kekurangan tenaga pendidik disekolah. Dari hasil penelitian ini tentunya implikasi bagi mahasiswa, dosen sebagai pendamping lapangan yang berhubungan dengan pelaksanaan MBKM kampus mengajar akan dibahas dalam skripsi ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interpretasi, Mahasiswa, MBKM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: PERNANDA
Date Deposited: 05 Nov 2024 08:06
Last Modified: 05 Nov 2024 08:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71895

Actions (login required)

View Item View Item