Nur Fauziah, Putri (2024) analisis program literasi numerasi di sdn 198 pasar baru. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_PUTRI_NUR_FAUZIAH_A1D119046.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (195kB) |
Abstract
Fauziah, Putri Nur. 2024. Analisis Program Literasi Numerasi di SDN 198/I Pasar Baru:Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs.Arsil,M.Pd., (II) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Numeracy Literacy, Analysis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana pelaksanaan Program Literasi Numerasi di kelas V SDN 198/I Pasar Baru. Yang meliputi tahap persiapan, perencanaan dan evaluasi. yang diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 198/I Pasar Baru yang dilaksnaakan pada kelas V pada bulan Februari-Maret 2024. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang terdapat pada penelitian ini berupa deskripsi mengenai strategi apa yang digunakan oleh guru dalam menumbuhkan kemampuan pada literasi numerasi di SDN 198/I Pasar Baru yang diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan Wali Kelas V sebagai data utama, termasuk wawancara yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan siswa kelas V. serta dokumentasi sebagai data pendukung kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru telah menggunakan strategi dalam menumbuhkan kemampuan literasi numerasi di SDN 198/I Pasar Baru yang dapat dilihat pada saat sebelum melakukan kegiatan literasi numerasi, terdapat penggunaan konteks yang dekat dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari dan menghubungkan berbagai topik matematika dengan situasi yang ada di dunia nyata. Contohnya seperti penggunaan bilangan romawi yang di contohkan oleh ibu Dewi Utari,S.Pd.SD selaku wali kelas dikelas lima. Ibu dewi mencontohkan bilangan romawi tersebut yang terdapat pada jam dinding, nomor halaman yang ada di buku, bab-bab yang ada di dalam buku, serta penulisan nomor kelas yang ada di sekolahan yang terdapat di depan pintu kelas. Selain itu di kelas lima juga sudah terdapat adanya pojok baca, penggunaan buku-buku mengenai litersi numerasi selain itu juga pada penggunan table,grafik, dan diagram yang sudah di contohkan guru terdapat pada daftar piket dan masih banyak lagi. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini bahwa guru kelas dan warga sekolah yang berada di SDN 198/I Pasar Baru telah melaksanakan kegiatan literasi numerasi yang dimulai dengan menumbuhkan kemampuan literasi numerasi dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan tersebut mamu menumbuhkan kemampuan literasi numerasi siswa dalam kemampuan komunikasi, mengetahui symbol-simbol dalam matematika dan menggunakan alat peraga literasi numerasi yang berada di kelas V SDN 198/I Pasar Baru
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numeracy Literacy, Analysis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Fauziah |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 06:52 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |