Surati, Surati (2024) Pengembangan Game edukasi Interaktif menggunakan Construct 2 Terintegrasi Ethnophysics Kawasan Candi Muaro Jambi pada Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
abstrak skripsi surati.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi _Surati.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi _ Surati.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi Surati_A1C320044.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Surati.pdf Download (707kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan media berupa power point yang membantu dalam agenda pembelajaran. Media yang ditampilkan terfokus pada materi yang sudah tersedia di dalam buku cetak, dan belum mengaitkan dengan kearifan lokal. Pada zaman yang semakin berkembang terdapat alat bantu tambahan yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan saat ini yaitu penggunaan android. Dimana pembelajaran bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Pembelajaran fisika diperlukannya media yang dapat membantu siswa dalam memahami materi dengan baik. Namun cenderung tidak membosankan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan suatu produk berupa game, karena kebanyakan siswa sudah bisa mengoperasikan game di smartphone masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk game edukasi terintegrasi ethnophysic Kawasan Candi Muaro Jambi pada materi suhu,kalor,dan pemuaian.Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba adalah siswa kelas VII C di SMPN 18 Kota Jambi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa dan hasil wawancara guru. Teknik analisis data berupa data kuantitaif dan kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar dari beberapa ahli, baik ahli media ataupun ahli materi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk game edukasi yang dikembangkan telah validasi oleh ahli materi dan ahli media. Selain itu, juga sudah dilakukanya.penyebaran angket untuk melihat respon siswa. Hasil dari validasai ahli sebesar 64,46% dengan kategori baik dan ahli media sebesar 69,76% dengan kategori baik. Selanjutnya angket respon siswa sebesar 93,11 dan dikategorikan sangat baik. Kesimpulan yang dperoleh bahwa produk yang dikembangkan berupa game edukasi interaktif menggunakan construct 2 terintegrasi ethnophysics Kawasan Candi Muaro Jambi sebagai media tambahan belajar siswa pada materi suhu, kalor dan pemuaian dapat digunakan sebagai media tambahan belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Surati |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 07:11 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |