GUSLIANI, GUSLIANI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE 17 PADA MATERI MAMALIA UNTUK SISWA KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE 17 PADA MATERI MAMALIA UNTUK SISWA KELAS X SMA.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
Abstract
ABSTRAK Gusliani. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire 17 Pada Materi Mamalia Untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Afreni Hamidah, S.Pt., M.Si. Pembimbing (II) Nasrul Hakim, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Mamalia Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire 17 pada materi mamalia untuk siswa SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi pada September 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, 1 orang guru mata pelajaran biologi, siswa kelompok kecil yang terdiri atas 9 orang, siswa kelompok besar yang terdiri atas 35 orang. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini merupakan salah satu bukti semakin besarnya perkembangan pola pikir manusia. Dalam dunia pendidikan, teknologi sangat dibutuhkan untuk pembuatan media pembelajaran. Salah satunya adalah mengembangkan media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire 17. Berdasarkan hasil penelitian, validasi oleh ahli media diperoleh skor akhir 85% dengan kategori “sangat baik” dan validasi ahli materi diperoleh skor akhir 91,6% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian oleh guru bidang studi biologi diperoleh persentase sebesar 87,5% dengan kategori “sangat baik”. Uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 88,19% dengan kategori “sangat baik” dan untuk uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 80,2% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis Lectora Inspire 17 yang dikembangakan telah layak digunakan pada kegiatan pembelajaran dikelas.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | GUSLIANI |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 04:40 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 04:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |