Ariyanti, Mita HUBUNGAN PENALARAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. jurnal HUBUNGAN PENALARAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
cover.docx Download (181kB) |
|
![]()
|
Image
pengesahan.jpg Download (155kB) | Preview |
|
![]() |
Text
daftar isi.docx Download (21kB) |
|
![]() |
Text
bab i.docx Download (20kB) |
|
![]() |
Text
bab v.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Ariyanti, Mita. 2019. Hubungan Penalaran dengan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd., (II) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd., Kata Kunci: hubungan, penalaran, menulis teks eksplanasi Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan hubungan Penalaran dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Jambi. Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Kota Jambi pada Januari 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional guna mencari hubungan penalaran dengan kemampuan menulis teks eksplanasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Jambi yang berjumlah 37 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan tes soal penalaran dan soal menulis teks eksplanasi kepada siswa (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Soal tes penalaran di uji validitasinya terlebih dahulu dengan responden lain sebelum di sebarkan pada subjek penelitian. Setelah semua data diperoleh, data dianalisis secara kuantitatif dengan berbagai rumus menggunakan IBM SPSS 22 untuk menghitung validitas, reliabilitas, normalitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel x yaitu penlaran dengan variabel y kemampuan siswa menulis teks eksplanasi. Dibuktikan dengan hasil analisis data menunjukkan r_hitung ≥ r_tabel yaitu 0,0865 ≥ 0,325 maka, dikatakan berkorelasi. Koefisien korelasi terletak diantara 0,080-1,000 maka berkategori korelasi sangat kuat.Dan nilai t atau nilai signifikansi lebih besar dari nilai t_tabel . Dengan ketentuan t_hitung ≥ t_tabel maka signifikan. Nilai signifikansi variabel x dan y sebesar 10,234 ≥ 2,030 maka, signifikan. Untuk itu, penelitian ini diharapkan agar guru tidak hanya memberikan siswa teori mengenai struktur dan kaidah teks eksplanasi saja. Tetapi juga, guru perlu melatih penalaran siswa seperti menarik kesimpulan berdasarkan sebab-akibat untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Bagi siswa, agar siswa memiliki motivasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian dengan mengeksplorasikan lebih lanjut penelitian ini dengan melibatkan variabel lain.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MITA ARIYANTI |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 07:05 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 07:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |