Permanda, Alvin (2024) PEMBELAJARAN LESSON STUDY BERBASIS TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) UNTUK MENGANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI FLUIDA STATIS. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Download (865kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
cover-.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
skripsi nov.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
kata pengantar.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan-1.pdf Download (512kB) |
Abstract
Peneltitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika tidak begitu bersemangat namun lebih hening sehingga kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan lesson study berbasis Transcript Based Lesson Analyses (TBLA) pada materi Fluida Statis di SMAN 11 Muaro Jambi dan mengetahui bagaimana Aktivitas Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Analisis Aktivitas Belajar Siswa Berbasis Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) pada Pembelajaran Lesson Study. Penelitian ini dilakukan di SMA N 11 Muaro Jambi dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI IPA 1 yang beranggotakan 35 orang. Penelitian ini menggunakan metode campuran dimana peneliti mengumpulkan data subjektif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh berupa dokumentasi rekaman video dengan berfokus pada pembelajaran lesson study berbasis TBLA. Data kuantitatif yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui instrumen pembelajaran yang digunakan oleh observer untuk memperhatikan segala sesuatu yang dilakukan siswa. Hasil penelitian mendeskripsikan keaktifan siswa menggunakan Transcript Based Lesson Analysis pada pebelajaran Lesson study materi Fluida statis yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahapan plan, do, see. Pada silkus 1 siswa tampak kurang aktif dalam proses pembelajaran. pada siklus 2 sudah meningkatnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran ditunjukkan dengan sikap siswa dalam bekerja sama dan memberikan argumen selama proses pembelajaran. Dengan tercapainya peningkatan indikator aktivitas belajar siswa dapat dikatakan penelitian ini telah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada penelitian ini hanya membahas bagaimana mendeskripsikan aktivitas belajar siswa menggunakan TBLA pada pembelajaran Lesson study materi Fluida Statis. Oleh karena itu penelitian sejenis mengenai implementasi lesson study dapat meneliti proses pembelajaran lainnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | PERMANDA |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 08:05 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 08:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |