PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMP NEGERI 35 BATANGHARI

Soleh, Mohammad PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMP NEGERI 35 BATANGHARI. PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMP NEGERI 35 BATANGHARI.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Mohammad soleh.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL Mohammad soleh.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL Mohammad soleh.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Soleh, Mohammad. 2017. Pengaruh strategi contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VII pada materi bangun datar di SMP Negeri 35 Batanghari: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si, (II) Drs. Husni Sabil, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran CTL, Kemampuan Literasi Matematika Dalam Pembelajaran yang berpusat pada guru, siswa cenderung merasa malu, ragu dan takut untuk bertanya ketika mereka mengalami kesulitan. Akibatnya siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut dapat digunakan dalam kehidupan nyata. Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) adalah strategi yang digunakan dalam pembelajaran matematika untuk mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Dengan begitu siswa akan lebih memahami materi yang dipelajari karena guru mengaikan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) terhadap kemampuan literasi matematika siswa terutama pada materi bangun datar. Karena melalui pembelajaran ini siswa diarahkan untuk belajar dengan temannya sendiri melalui kegiatan kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah suatu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh prilaku tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dikendalikan. Dengan kata lain, eksperimen merupakan kegiatan percobaan untuk menguji hipotesis tentang ada atau tidaknya pengaruh dari suatu perlakuan bila dibandingkan dengan tindakan yang lain. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan posttest. Dari analisis data post-test pada penelitian ini diperoleh terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diatas disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 35 Batanghari. Dengan rata-rata kemampuan literasi matematika kelas eksperimen 74.7 dan rata-rata kemampuan literasi matematika kelas kontrol adalah 66.667. Bagi guru mata pelajaran matematika disarankan untuk mencoba menerapkan strategi pembelajaran CTL sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa khusunya pada materi bangun datar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: MOHAMMAD SOLEH
Date Deposited: 16 Jun 2017 01:27
Last Modified: 16 Jun 2017 01:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item