Safitri, Khairunnisa Rahma (2024) Hubungan Kecanduan Media Sosial terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar pada Siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_KHAIRUNNISA RAHMA SAFITRI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER_KHAIRUNNISA RAHMA SAFITRI.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN_KHAIRUNNISA RAHMA SAFITRI.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_KHAIRUNNISA RAHMA SAFITRI.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
BAB 1_KHAIRUNNISA RAHMA SAFITRI.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB V_KHAIRUNNISA RAHMA SAFITRI.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_KHAIRUNNISA RAHMA SAFITRI.pdf Download (131kB) |
Abstract
Latar Belakang : Saat ini, penggunaan media sosial mengalami tren peningkatan dari tahun ke tahun. Penggunaannya yang berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya kecanduan dan berakibat pada penurunan konsentrasi belajar. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengambilan data diambil dari data primer menggunakan kuesioner Social Media Disorder (SMD) Scale untuk mengukur kecanduan media sosial, dan kuesioner Student Learning Concentration Questionnaire-Indonesia Version untuk mengukur tingkat konsentrasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi. Hasil : Dari 217 responden, didapatkan sebagian besar usia responden berada pada kategori remaja pertengahan (91.7%), didominasi oleh perempuan (59.4%), lebih dari setengah jumlah responden (59.9%) menggunakan media sosial dengan rata-rata durasi 4 jam 18 menit atau lebih per hari. Persenan angka kecanduan media sosial sebesar 56.7%, dan sebagian besar (73.3%) responden memiliki tingkat konsentrasi sedang. Hasil uji Pearson menunjukkan p=0.00 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara kecanduan media sosial terhadap tingkat konsentrasi belajar , dengan nilai r sebesar -0,334 yang menunjukkan arah hubungan semakin tinggi kecanduan media sosial maka akan semakin rendah tingkat konsentrasi belajar, dan begitu pula sebaliknya. Kesimpulan : Terdapat korelasi antara kecanduan media sosial terhadap tingkat konsentrasi belajar pada Siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi Kata kunci : Kecanduan Media Sosial, Konsentrasi Belajar, Remaja.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran |
Depositing User: | Safitri |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:28 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |