Kinanti, Mutiara (2024) PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KEPERCAYAAN KEPADA BADAN AMIL ZAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Jambi). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_MUTIARA KINANTI_C1C020117.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (861kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap minat muzakki membayar zakat dengan kepercayaan kepada Badan Amil Zakat sebagai variabel intervening di BAZNAS Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah 5.600 muzakki membayar zakat di BAZNAS Kota Jambi. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin yang menghasilkan 100 responden. Data digunakan yakni data primer berupa kuesioner serta data sekunder yang diambil melalui laporan keuangan, jurnal, artikel dan buku. Metode analisis data yang digunakan yakni analisis Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pada Badan Amil Zakat, 2) Transparansi berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pada Badan Amil Zakat. 3) Akuntabilitas tidak. berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat, 4) Transparansi tidak berpengaruh terhadap minat muzakki untuk membayar zakat, 5) Kepercayaan kepada Badan Amil Zakat berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat, 6) Akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki untuk membayar zakat yang dimediasi oleh kepercayaan kepada Badan Amil Zakat, dan 7) Transparansi berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat yang dimediasi oleh kepercayaan kepada Badan Amil Zakat. This study aims to determine the effect of accountability and transparency on muzakki's interest in paying zakat with trust in the Amil Zakat Agency as an intervening variable at BAZNAS Jambi City. The population of this study were 5,600 muzakki paying zakat at BAZNAS Jambi City. Sampling using probability sampling technique using the Slovin formula which resulted in 100 respondents. Data used are primary data in the form of questionnaires and secondary data taken through financial reports, journals, articles and books. The data analysis method used is Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) analysis. The results showed that: 1) Accountability has a significant effect on trust in the Amil Zakat Agency. 2) Transparency has a significant effect on trust in the Amil Zakat Agency, 3) Accountability has no effect on muzakki's interest in paying zakat, 4) Transparency has no effect on muzakki's interest in paying zakat, 5) Trust in the Amil Zakat Agency has a significant effect on muzakki's interest in paying zakat, 6) Accountability has a significant effect on muzakki's interest in paying zakat mediated by trust in the Amil Zakat Agency, and 7) Transparency has a significant effect on muzakki's interest in paying zakat which is mediated by trust in the Amil Zakat Agency.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Accountability, transparency, trust, interest, zakat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > SI Akuntansi |
Depositing User: | KINANTI |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 07:55 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 07:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |