STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK TAHU PADA AGROINDUSTRI TAHU DI KOTA JAMBI

Almira, Inez (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK TAHU PADA AGROINDUSTRI TAHU DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
SKRIPSI INEZ ALMIRA D1B020048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (393kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan gambaran umum agroindustri tahu di Kota Jambi, (2) Menganalisis aspek bauran pemasaran (marketing mix) yang telah dijalankan oleh agroindustri tahu di Kota Jambi. Pemilihan lokasi penelitian ini dilakukan secara purposive dengan pertimbangan kapasitas produksi dan jumlah tenaga kerja. Responden dalam penelitian ini yaitu pemilik agroindustri. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memberikan penilaian menggunakan skala likert (4,3,2,1). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Agroindustri Tahu Koni, Tagor Kuring, dan Ghaizan Alfarizi merupakan industri yang memproduksi tahu basah dan tahu kering terletak di Kota Jambi dengan jumlah tenaga kerja yang berbeda, yaitu 9 orang, 6 orang, dan 3 orang. Kegiatan produksi dilakukan setiap hari dan sudah menggunakan teknologi mesin penggiling. Produk disalurkan kepada distributor pasar di Kota Jambi. Harga jual produk berbeda setiap agroindustri mulai dari Rp. 600 – Rp. 11.000, (2) Penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 7P secara keseluruhan yang dijalankan oleh Agroindustri Tahu Koni, Agroindustri Tagor Kuring, dan Agroindustri Ghaizan Alfarizi berada pada kategori baik. Ketiga agroindustri dapat mempertahankan aspek-aspek bauran pemasaran yang telah berkategori baik serta membenahi dan meningkatkan aspek bauran pemasaran yang masih berkategori kurang baik. Aspek-aspek yang perlu ditingkatkan yaitu aspek promosi (promotion), aspek orang (people), dan aspek bukti fisik (physical evidance). This research aims to (1) Describe the general picture of the tofu agroindustry in Jambi City, (2) Analyze aspects of the marketing mix that has been implemented by the tofu agroindustry in Jambi City. The selection of the research location was carried out purposively by considering production capacity and number of workers. Respondents in this research are agro-industry owners. The analytical method used is descriptive qualitative by providing assessments using a Likert scale (4,3,2,1). The results of this research show that, (1) the Tofu Koni, Tagor Kuring, and Ghaizan Alfarizi agro-industry is an industry that produces wet tofu and dry tofu located in Jambi City with different numbers of workers, namely 9 people, 6 people, and 3 people. . Production activities are carried out every day and use grinding machine technology. Products are distributed to market distributors in Jambi City. The selling price of the product is different for each agro-industry starting from Rp. 600 – Rp. 11,000, (2) The overall implementation of the 7P marketing mix strategy implemented by Tahu Koni Agroindustry, Tagor Kuring Agroindustry, and Ghaizan Alfarizi Agroindustry is in the good category. The three agro-industries can maintain aspects of the marketing mix that are in the good category and improve and improve aspects of the marketing mix that are still in the poor category. Aspects that need to be improved are the promotion aspect, the people aspect and the physical evidence aspect.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Tofu, Tofu Agroindustry
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: ALMIRA
Date Deposited: 02 Dec 2024 06:44
Last Modified: 23 Sep 2025 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72260

Actions (login required)

View Item View Item