Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Siswa SMP Materi Bioteknologi

Sampurna, Ratu (2024) Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Siswa SMP Materi Bioteknologi. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (903kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Paradigma pembelajaran abad 21 menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi, berkomunikasi dan berkolaborasi. Untuk mewujudkan kemampuan tersebut, pembelajaran seharusnya berpusat kepada peserta didik dan mengoptimalkan partisipasi peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan mengenai kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi siswa yang belum optimal teridentifikasi dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP Islam Al-Falah Jambi. Sehingga diperlukan proses pembelajaran yang inovatif yang dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dan mengoptimalkan partisipasi peserta didik sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan metode penelitian kuasi eksperimen bentuk non equivalen pretest-posttest kontrol group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas dengan total 56 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas IX-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-3 sebagai kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis diukur melalui tes essai dengan indikator FRISCO, dan kemampuan komunikasi diukur dengan lembar observasi penilaian kemampuan komunikasi dengan indikator menerima informasi, menilai informasi dan mengkomunikasikan informasi dengan baik. Teknik analisis data menggunakan uji one-way MANCOVA. Hasil analisis one-way MANCOVA menunjukkan bahwa penerapan flipped classroom secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa [F(1,52) = 13,047, p = 0,001, ηp² = 0,201] dan kemampuan komunikasi siswa [F(1,52) = 43,368, p < 0,001, ηp² = 0,455], dengan kategori berpengaruh besar. Selain itu, terdapat dampak positif pada kedua kemampuan ini secara keseluruhan dengan nilai ηp² = 0,472. Peningkatan ini dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas diskusi, pemecahan masalah, serta eksplorasi mendalam di kelas, setelah siswa melakukan persiapan awal secara mandiri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik. Namun, beberapa tantangan dalam adaptasi model ini, seperti kesiapan belajar mandiri siswa dan menyiapkan berbagai kegiatan yang sesuai dengan konten yang menarik dan menyenangkan untuk penerapan yang lebih optimal. The 21st century learning paradigm emphasizes students' ability to think critically, be able to connect knowledge with the real world, master information technology, communicate and collaborate. To realize these abilities, learning should be centered on students and optimize student participation. This research is motivated by the problem of students' critical thinking and communication skills that have not been optimally identified from the results of initial observations conducted by researchers at SMP Islam Al-Falah Jambi. So that an innovative learning process is needed that can create student-centered learning and optimize student participation so that it can improve critical thinking and communication skills. This study aims to determine the effect of the flipped classroom model on students' critical thinking and communication skills. The approach used in this study is quantitative, with a quasi-experimental research method in the form of a non-equivalent pretest-posttest control group design. This study involved two classes with a total of 56 students selected through purposive sampling techniques, so that the research sample was class IX-5 as the experimental class and class IX-3 as the control class. Critical thinking skills were measured through essay tests with FRISCO indicators, and communication skills were measured using observation sheets assessing communication skills with indicators of receiving information, assessing information and communicating information well. The data analysis technique used the one-way MANCOVA test. The results of the one-way MANCOVA analysis showed that the implementation of flipped classroom significantly improved students' critical thinking skills [F(1,52) = 13.047, p = 0.001, ηp² = 0.201] and students' communication skills [F(1,52) = 43.368, p < 0.001, ηp² = 0.455], with a large influence category. In addition, there was a positive impact on both of these abilities as a whole with a value of ηp² = 0.472. This increase was influenced by the learning process that emphasized discussion activities, problem solving, and in-depth exploration in class, after students had done initial preparation independently. This study concluded that the flipped classroom learning model had a large influence on students' critical thinking and communication skills. However, there are several challenges in adapting this model, such as students' readiness for independent learning and preparing various activities that are in accordance with interesting and fun content for more optimal implementation.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ratu Sampurna
Date Deposited: 29 Nov 2024 06:43
Last Modified: 29 Nov 2024 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72298

Actions (login required)

View Item View Item