PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V

Gultom, Nova, indah (2024) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (12MB)
[img] Text
SKRIPSI_A1D120177_NOVA INDAH GULTOM (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V SD Negeri 223/IV Jambi, diperoleh bahwapemahaman peserta konsep siswa pada muatan matematika materi bangun ruangmasih tergolong rendah. Penyebab kurangnya pemahaman konsep siswa yaitulemahnya implementasi kegiatan pembelajaran di sekolah, seperti ketidakcocokandalam pemilihan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi dikelas dankarakteristik siswa. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untukmendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaranmatematika materi bangun ruang menggunakan pendekatan (CTL) berbantuanmedia tiga dimensi di kelas V SDN 223/IV Jambi. Penelitian ini dilakukan padamei-juni 2024. Data penelitian ini di peroleh dengan cara tes, observadi dan dianalisis secara kuantiatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwadengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)berbantuan media tiga dimensi dapat meningkatkan pemahaman konsepmatematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yaitu pemahaman konseppeserta didik pada siklus I pertemuan I memiliki persentase klasikal sebesar53,62% dan pada siklus I pertemuan II adalah 57,53%. Pada Siklus II pertemuan Ipersentase pemahaman konsep matematika siswa secara klasikal adalah 73,85%sementara pada pertemuan II sebesar 81,51%. Berdasarkan hasil analisa data terhadap penelitian tindakan kelas yang telahdilaksanakan pada pembelajaran matematika pada peserta didik kelas V SDN223/IV Jambi, maka dapat disimpulkan bahwa penggunakan pendekatanContextual Teaching and Learning (CTL) dan penggunaan mediatiga dimensidapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik dalampembelajaran. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Media Tiga Dimensi,Pemahaman Konsep

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Media Tiga Dimensi,Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: GULTOM
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:40
Last Modified: 03 Dec 2024 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72315

Actions (login required)

View Item View Item