Ayu Garini, Natalia (2024) Pengaruh Kelekatan Orang Tua terhadap Regulasi Emosi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
|
Text
COVER.pdf Download (186kB) |
|
|
Text
PENGESAHAN, PERSETUJUAN.pdf Download (448kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (232kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Peran orang tua dalam mengatur dan mendukung emosi remaja sangat penting, karena masa remaja adalah masa yang rentan secara emosional dan perkembangan pribadi yang signifikan. Kelekatan adalah ikatan emosional yang hangat, stabil, dan saling percaya antara orang tua dan anak, yang terbentuk dari interaksi yang konsisten dan responsif sejak masa bayi hingga remaja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) Kelekatan orang tua yang diterima siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi, (2) Regulasi emosi siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi, (3) Mengungkapkan pengaruh kelekatan orang tua terhadap regulasi emosi siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian regresi dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 203 siswa dari 411 populasi. Teknik dan alat pengumpulan data yang dilaksanakan yaitu melakukan observasi dan penyebaran kuesioner atau angket kepada responden. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS V.27 yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelekatan orang tua yang diterima siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi masuk dalam rentang kategori tinggi dengan persentase 68,78%, (2) regulasi emosi siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi masuk dalam rentang kategori tinggi dengan persentase 66,49%, (3) hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelekatan orang tua dengan regulasi emosi siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Hasil analisis dengan nilai signifikan, hasil determinasi berada pada angka 0,1225 atau 12,25%. Kriteria penafsiran pengaruh determinasi 0,1225 atau 12,25% berada pada kategori rendah tapi pasti, maka penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kelekatan orang tua (X) terhadap regulasi emosi siswa (Y). Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa memberikan wawasan bagi orang tua dan guru BK untuk membantu siswa memahami serta mengatur emosi mereka dengan lebih baik. The role of parents in regulating and supporting adolescent emotions is very important, because adolescence is a time of emotional vulnerability and significant personal development. Attachment is a warm, stable, and trusting emotional bond between parents and children, which is formed from consistent and responsive interactions from infancy to adolescence. Therefore, this study aims to reveal (1) Parental attachment received by grade VIII students at SMP Negeri 11 Kota Jambi, (2) Emotional regulation of grade VIII students at SMP Negeri 11 Kota Jambi, (3) Revealing the influence of parental attachment on emotional regulation of grade VIII students at SMP Negeri 11 Kota Jambi. This research is a regression research with sampling technique in this research using Simple Random Sampling. The sample in this research amounted to 203 students from 411 population. The data collection techniques and tools implemented were conducting observation and distributing questionnaires or surveys to respondents. Data analysis techniques were carried out with the help of SPSS V.27 which includes normality test, linearity test, and simple regression analysis. The results of the study showed that (1) parental attachment received by class VIII students at SMP Negeri 11 Jambi City was in the high category range with a percentage of 68.78%, (2) emotional regulation of class VIII students at SMP Negeri 11 Jambi City was in the high category range with a percentage of 66.49%, (3) the results of the study showed that there was a positive and significant relationship between parental attachment and emotional regulation of class VIII students at SMP Negeri 11 Jambi City. The results of the analysis with a significant value, the determination results were at 0.1225 or 12.25%. The interpretation criteria for the influence of determination of 0.1225 or 12.25% were in the low but definite category, so this study showed that there was a significant influence between the variable of parental attachment (X) on student emotional regulation (Y). With this study, it is hoped that it can provide insight for parents and BK teachers to help students understand and regulate their emotions better.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kelekatan, Regulasi Emosi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | GARINI |
| Date Deposited: | 05 Dec 2024 06:39 |
| Last Modified: | 05 Dec 2024 06:39 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
