Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Elviawati, Eki (2024) Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (900kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: kesalahan penggunaan ejaan, teks narasi, keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis kesalahan penggunaan ejaan pada penulisan tanda baca (2) jenis kesalahan penggunaan ejaan pada penulisan huruf kapital, (3) jenis kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis teks narasi pada penulisan kata, (4) tingkat kesalahan penggunaan ejaan, dan (5) faktor penyebab terjadinya kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis teks narasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data diambil dari tes kualitatif unjuk kerja, observasi, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SDN 13/I Rengas Condong. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 13/I Rengas Condong yang berjumlah sebanyak 17 siswa. Hasil ini menunjukan mengenai analisis kesalahan siswa dalam menggunakan ejaan bahasa Indonesia pada saat menulis sebuah teks narasi, ditemukannya bentuk kesalahan tersebut, di antaranya yaitu (1) kesalahan penggunaan huruf kapital sejumlah 348 kesalahan dengan persentase 48,20%, (2) kesalahan penulisan kata sejumlah 124 kesalahan dengan persentase 17,17%, (3) kesalahan tanda baca sejumlah 250 kesalahan dengan jumlah persentase 34,62%. Pada tingkat kesalahan penggunaan ejaan, kategori kesalahan yang banyak dilakukan oleh peserta didik terletak pada kategori sangat rendah dengan jenis kesalahan penulisan tanda baca yang persentasenya di bawah 10%, dan terdapat 3 peserta didik yang termasuk kedalam kategori rendah yang dimana itu terjadi pada jenis kesalahan penulisan huruf kapital dan kesalahan penulisan kata dengan persentase di atas 11%. Dari hal tersebut kesalahan terbesar adalah dengan penyebab minimnya pengetahuan peserta didik dalam memahami kaidah ejaan bahasa Indonesia yang benar, peserta didik kurang memiliki motivasi belajar dan membaca, ketidakbiasaan peserta didik dalam melakukan pengecekan kembali atau perbaikan ulang terhadap hasil tulisannya, kurangnya ketelitian peserta didik pada saat menulis dan kurangnya kreativitas guru dalam proses pembelajaran yang lebih mengutamakan teori daripada prakteknya. keyword: spelling errors, narrative text, writing skills. This study aims to describe (1) the types of spelling errors in the use of punctuation marks, (2) the types of spelling errors in the use of capital letters, (3) the types of spelling errors in word writing within narrative texts, (4) the levels of spelling errors, and (5) the factors causing spelling errors in writing narrative texts among fourth-grade elementary school students. this research employs a qualitative approach with a case study design. data collection techniques include qualitative performance tests, observation, and interviews. the study was cconducted at SDN 13/I Rengas Condong, with the research subjects comprising 17 students from class IVA at SDN 13/I Rengas Condong. the results highlight the analysis of students' errors in using indonesian spelling when writing narrative texts. the indentified forms of errors include:1. errors in the use of capital letters amounting to 348 errors, with a percentage of 48,20%, 2. errors in word writing totaling 124 errors, with a percentage of 17,17%, 3. errors in punctuation use reaching 250 errors, with a percentage of 34,62%. regarding the levels of spelling errors, the category of errors most frequently made by students falls into the very low category, specifically in punctuation errors, with percentages below 10%. additionally, three students were categorized as low, with these errors occuring in the use of capital letters and word writing, both with percentage above 11%. the largest contributing factors to these errors include the students' limited knowledge of proper indonesian spelling rules, lack of motivation to study and read, the students' infreuent habit of reviewing or revising their written work, lack of accuracy during writing, and insufficient teacher creativity in the learning process, which often prioritizes theory over practice.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesalahan penggunaan ejaan, teks narasi, keterampilan menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Elviawati
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:02
Last Modified: 04 Dec 2024 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72368

Actions (login required)

View Item View Item