PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) MATERI POLA BILANGAN DI KELAS IV SD

Fadzillah, Rhodhiathi (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) MATERI POLA BILANGAN DI KELAS IV SD. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Fadzillah, Rhodhiathi Fadzillah. 2024. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Materi Pola Bilangan di kelas IV SD. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Kegurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd., (2) Muhammad Sholeh, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Modul Ajar, Pendekatan TaRL, Pola Bilangan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi pola bilangan di kelas IV SD serta mengevaluasi kelayakan dan kepraktisan penggunaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di SD Negeri 64/IV Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas yang sangat baik, dengan skor rata-rata validasi ahli media sebesar 4,3, validasi ahli materi sebesar 4,25, dan validasi ahli bahasa sebesar 4,5. Uji coba kepraktisan modul menunjukkan hasil positif, di mana penilaian dari respon guru memperoleh rata-rata 4,5, dan penilaian dari siswa pada uji coba kelompok besar mencapai skor rata-rata 4,5, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa modul ajar berbasis pendekatan TaRL pada materi pola bilangan di kelas IV SD dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan praktis. Modul ini mendukung proses pembelajaran yang adaptif, meningkatkan keterlibatan siswa, serta memfasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. Dengan adanya modul ini, diharapkan pembelajaran matematika, khususnya pada materi pola bilangan, menjadi lebih interaktif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Pendekatan TaRL, Pola Bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: FADZILLAH
Date Deposited: 05 Dec 2024 06:51
Last Modified: 05 Dec 2024 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72395

Actions (login required)

View Item View Item