Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi

Br Manihuruk, Bella Indrias (2025) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Bella Indrias Br Manihuruk_A1C319022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Halaman pengesahan-1.pdf

Download (510kB)
[img] Text
Daftar Isi, Tabel, Gambar dan Lampiran.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover sampai daftar lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI, dan pemilihan sampel dilakukan secara acak atau dikenal dengan istilah simple random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari soal pretest dan posttest dalam bentuk soal uraian (essay) untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji paired sample t-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil posstest setelah diberi perlakuan yakni penerapan model pembelajaran problem based learning.Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 pada uji paired sample t-test, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menyatakan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, berpikir kritis, model pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Manihuruk
Date Deposited: 06 Dec 2024 03:29
Last Modified: 06 Dec 2024 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72495

Actions (login required)

View Item View Item