INVESTIGASI KESALAHAN SISWA-SISWI KELAS I DAN II PADA KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR (JALAN, LARI DAN MELOMPAT) DISEKOLAH SD NEGERI 70/V LUBUK TERAP

Mario, Mario (2024) INVESTIGASI KESALAHAN SISWA-SISWI KELAS I DAN II PADA KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR (JALAN, LARI DAN MELOMPAT) DISEKOLAH SD NEGERI 70/V LUBUK TERAP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (503kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
SKRIPSI MARIO_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Mario. 2024.“ Investigasi Kesalahan Siswa Siswi I Dan II Pada keterampilan Gerak Lokomotor (Jalan, Lari Dan Melompat) Di Sekolah SD Negeri 70/V Lubuk Terap”. Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Adhe Saputra, S.Pd.,M.Pd. (II)AhmadMuzafar,S.Pd.,M.Pd Kata kunci: Investigasi Kesalahan Siswa Siswi, keterampilan Gerak Lokomotor (Jalan, Lari Dan Melompat), SD N70/V Lubuk Terap Pada Saat melakukan observasi disekolah ini Gerak Lokomotor seperti lari, jalan dan melompat masih sering melakukan kesalahan-kesalahan padahal berlari dan melompat sangat penting bagi perkembangan anak usia dini sehingga anak anak bisa melakukan gerak lokomor dengan benar agar tidak teerjadi kesalahyang berakibat fatal. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengalasis dan memahami peran Kurikulum pendidikan olahraga dan kesehatan dalam meningkatkan poka gerak Lokomotor siswa kelas Sekolah Dasar Negeri 700/V Lubuk Terap Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian iniadalah Guru olahraga yangg ada di SD Negeri 70/V Lubuk Terap. Serta siswa kelas I dan II yang berjumalh 31 siswa. Hasil analisis yang diperoleh Pola gerak Lokomotor siswa Sekolah Dasar Negeri 70/V Lubukpada gerak lokomotor jalan memiliki kategori cukup dengan rentang 5-6 sebanyak 16 orang dengan persentasi 52%, pada gerak lokomotor lari memiliki kategori kurang dengan interval 5 sebanyak 15 orang dengan persentasi 48%, pada gerak lokomotor melompat memiliki kategori cukup dengan rentang 5- 6 sebanyak 17 orang dengan persentasi 55%. Kurangnya pola gerak Lokomotor siswa Sekolah Dasar Negeri 70/V Lubuk Terap, yaitu waktu belajar di jadikan dalam satu hari, sehingga waktu hanya sedikit, selain itu fasilitas yang ada di sekolah ini masih tergolong sangat kurang khususnya olahraga. Kesalahan pada saat melakukan gerak lokomotor yaitu: 1) peserta didik saat berlari belum mampu bereaksi secara cepat terhadap rangsangan yang diberikan sehingga untuk mencapai memerlukan waktu yang lama, 2) peserta didik belum mampu merubah arah posisi secara cepat, 3) keseimbangan yang kurang dapat dilihat saat peserta didik melakukan jalan diatas tumpukan batu bata masih sering jatuh, 4) ketertarikan yang dimiliki peserta didik kurang, hal ini terlihat dari antusias yang ditunjukan saat proses pembelajaran. .

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: MARIO
Date Deposited: 06 Dec 2024 06:38
Last Modified: 06 Dec 2024 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72508

Actions (login required)

View Item View Item