Asesmen Unjuk Kerja Portfolio Dalam Menulis Teks Persuasi Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023

Nurzafti, Kharisma Dila (2023) Asesmen Unjuk Kerja Portfolio Dalam Menulis Teks Persuasi Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (261kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran menulis teks persuasi siswa di kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menargetkan siswa serta guru yang mengajar di kelas sebagai subjek penelitian selama kegiatan belajar dan mengajar berlangsung. Proses pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi-informasi yang didapatkan oleh narasumber berkaitan dengan penilaian unjuk kerja dalam menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Jambi. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penerapan penilaian unjuk kerja pada pembelajaran menulis teks persuasi di kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Jambi sudah berjalan dan diterapkan dengan baik sesuai standar penilaian menurut Kurikulum 2013, baik antara RPP, Indikator Pencapaian Kompetensi, serta bentuk penugasan yang diberikan sudah saling berkesinambungan. Kendala-kendala yang muncul selama penerapan asesmen ini didominasi oleh faktor internal, yaitu kurangnya waktu pembelajaran serta motivasi belajar siswa yang rendah. This study was used a qualitative-descriptive approach to purposely figuring the application of assesment in the performance of writing persuasive text for VIII grade of SMP Negeri 16 Jambi City in 2022/2023 Academic Year. The students and the teacher in class VIII become the subjects of this study during the class. Data collection techniques were carried out by interviews, observations, and also documentation of the subjects and objects of the research. The data used in this research is the application of performance assesment in writing persuasive text for VIII grade of SMP Negeri 16 Jambi City. The result of this study shows that the application of performance assesment in writing persuasive text was applied well according to assesment standard of Curiculum 2013, with the RPP, indicators, and the given tasks to students are mutually sustainable. The application of this performance assesment was met the obstacles caused by the internal factor, such as limited study time and motivation lacks of students to studying.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penilaian unjuk kerja, teks persuasi, menulis teks
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: NURZAFTI
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:24
Last Modified: 10 Dec 2024 02:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72534

Actions (login required)

View Item View Item