Perbedaan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 Muaro Jambi

Deswana Putri, Aqina (2019) Perbedaan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 Muaro Jambi. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (626kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Aqina Deswana. 2018. Perbedaan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Astalini, M.Si., (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Perbedaan, Sikap IPA, SMP Berdasarkan hasil observasi studi pendahuluan yang dilakukan di SMP kecamatan Kumpeh Ulu mengenai mata pelajaran IPA. Siswa banyak yang tidak fokus, mengantuk, dan mengobrol pada saat pembelajaran di kelas selain itu dukungan fasilitas yang diberikan oleh pihak sekolah untuk menunjang kreativitas siswa juga kurang memadai. Akibatnya banyak timbul sikap negatif yang dimiliki siswa terhadap mata pelajaran IPA dan dibutuhkan perhatian lebih oleh pihak sekolah, guru maupun wali murid agar dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap IPA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA pada jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Kumpeh Ulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Sehingga guru dan pihak sekolah mampu melihat bagaimana sikap negatif yang dimiliki siswa SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 kecamatan Kumpeh Ulu Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenis komparatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 kecamatan Kumpeh Ulu pada bulan November 2018. Jumlah populasi sebanyak 225 menggunakan teknik total sampel. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan instrumen angket sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA kepada seluruh siswa SMP (sebagai data utama). Setelah pengumpulan data selesai maka data dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif yang disajikan melalui tabel data dan analisis inferensial menggunakan uji t 2-sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan siswa SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 kecamatan Kumpeh Ulu dilihat dari nilai t_hitung. Dengan nilai t_hitung > t_tabel ( 3,441 > 1,652) maka Ha diterima, artinya jika nilai t_hitung lebih besar dari nilai t_tabel maka terdapat perbedaan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA antara SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 kecamtan Kumpeh Ulu kabupaten Mauro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: AQINA DESWANA PUTRI
Date Deposited: 18 Mar 2019 08:03
Last Modified: 18 Mar 2019 08:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7265

Actions (login required)

View Item View Item