Febriani, Febriani (2024) IMPLEMENTASI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN 111/I MUARA BULIAN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI FEBRIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
Abstract
ABSTRAK Febriani. 2024 “Implementasi Model Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas IV SDN 111/I Muara Bulian”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., S.Ag (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Motivasi belajar, Model Teams Games Tournament, pendidikan pancasila Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran team games tournamen bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV di SDN 111/1 Muara Bulian. Proses penelitian ini dimulai dengan cara observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menerapakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran pendidikan pancasila mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan siswa mengalami peningkatan motivasi dengan memperhatikan tiap indikator motivasi dalam belajarnya dapat terlihat pada setiap siklus pertemuan. Hasil penelitian ini adalah siklus I pertemuan I sebanyak 49,72% dengan kategori “Rendah”, siklus I pertemuan II 58,8% dengan kategori “Cukup” dengan peningkatan sebanyak 8,4%. Pada siklus II pertemuan I yaitu 70% dengan kategori “Baik” dengan peningkatan sebanyak 12% dan siklus II pertemuan II 74% mengalami peningkatan sebanyak 4%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran team games tournamen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 111/1 Muara Bulian. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan setiap indikator motivasi peserta didik pada tiap siklus pertemuan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Model Teams Games Tournament, pendidikan pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FEBRIANI |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:44 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |