Methalia, Ema (2024) PENGARUH APLIKASI COMICA TERHADAP MINAT MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS V SD 111/I MUARA BULIAN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full Ema Methalia.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
Abstract
ABSTRAK Metalia, Ema. 2024. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Comica Terhadap Minat dan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian.: Skripsi, Juruan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd., (II) Andi Gusmaulia Eka Putri, M.Pd. Kata kunci: Menulis Cerita, Media Pembelajaran, Aplikasi Komik, Siswa Sekolah Dasar Menulis adalah kunci untuk memperjelas pikiran dan ide, mengekspresikan dan mengklarifikasi diri, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan merupakan sumber evaluasi diri. Menulis juga merupakan bagian yang sangat penting dari literasi kehidupan. Pengelolaan literasi menjadi semakin penting di era sekarang ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa literasi menumbuhkan pemikiran kritis dan penggunaan platform digital yang beretika, terutama di kalangan generasi muda. Namun, minat siswa sekolah dasar untuk menulis cerita masih sangat rendah karena siswa biasanya tidak memiliki ide sehingga tidak mengerti apa yang harus dijelaskan dan disampaikan dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, minat menulis perlu ditingkatkan mulai dari pendidikan dasar. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi Comica terhadap minat dan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri 111/I Bulian. Desain penelitian ini termasuk dalam jenis pra�eksperimen. Berdasarkan analisis data dari pembahasan yang telah dilakukan dari hasil perolehan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, yaitu dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai t hitung = 5,22 lebih besar dari t tabel = 2,01. Selain itu, dilihat dari hasil perhitungan post-test kelas eksperimen yang menggunakan media komik, diketahui bahwa nilai rata-ratanya adalah 80,36 yang menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata 75,24. Peningkatan ini terjadi karena dengan menggunakan media komik membuat siswa lebih antusias dan lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Adanya media pembelajaran seperti komik tentunya akan membuat pembelajaran menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan pengetahuan siswa. Dengan demikian, dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media komik terhadap minat menulis cerita pada siswa kelas V dalam pembelajaran IPS
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Cerita, Media Pembelajaran, Aplikasi Komik, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Methalia |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:44 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |