PILAR

Nugroho, Daniel (2024) PILAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Perubahan karya-karya seni pada Era Romantik membawa pengaruh besar pada capaian estetika seni mengarah pada kebebasan para seniman dalam wilayah subjektifitas dan berekspresi. Hal tersebut membawa penggarap pada pengolahan objek material sebuah mantra berasal dari ritual Muji Sialang di Desa Jambi Kecik, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi yang berjudul Muji Batang. Mantra ini berisi puji-pujian terhadap leluhur yang dimaksudkan untuk merayu dan meminta izin agar diberi kelancaran dalam pengambilan madu pada pohon Sialang. Penciptaan karya musik ini bertujuan untuk mengetahui cara menggabungkan dua disiplin ilmu, yaitu musikologi dan semiotika dalam pembuatan komposisi musik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu survei lapangan, observasi, data musikologi dan non material musik (wawancara). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa objek material yang diangkat dapat dianalisis dengan semiotika dan musikologi yang kemudian diwujudkan dalam sebuah karya komposisi musik dengan gaya musik Era Romantik. Setiap gerakan dalam karya Pilar memiliki subjudul yang berbeda untuk merepresentasikan hubungan antara teks mantra dan peristiwa musikal, yaitu gerakan I (Bangka Kayu), gerakan II (Baner Kayu), gerakan III (Batang Kayu), gerakan IV (Kulit Kayu), gerakan V (Getah Kayu), gerakan VI (Dahan kayu), dan gerakan VII (Ranting Kayu). Kata Kunci: Romantik, Muji Sialang, Musikologi, Semiotika Abstract The changes in artworks in the Romantic Era brought a great influence on the aesthetic achievement of art, leading to the freedom of artists in the realm of subjectivity and expression. This led the cultivators to process material objects a mantra came from the Muji Sialang ritual in Jambi Kecik Village, Maro Sebo District, Muaro Jambi Regency, Jambi Province entitled Muji Batang. This mantra contains praises to ancestors that are intended to seduce and ask for permission to be given smoothness in taking honey on the Sialang tree. The creation of this musical work aims to find out how to combine two disciplines, namely musicology and semiotics in making musical compositions. The research method used in this study is a qualitative descriptive research method with data collection techniques, namely field surveys, observations, musicological data and non-material music (interviews). The results of this study show that the material objects raised can be analyzed by semiotics and musicology which is then realized in a work of musical composition with the Romantic Era musical style. Each movement in Pilar's work has a different subheading to represent the relationship between the mantra text and musical events, namely movement I (Bangka Kayu), movement II (Baner Kayu), movement III (Batang Kayu), movement IV (Kulit Kayu), movement V (Getah Kayu), movement VI (Dahan Kayu), and movement VII (Ranting Kayu). Keywords: Romantic, Muji Sialang, Musicology, Semiotics

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Romantik, Muji Sialang, Musikologi, Semiotika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Drama Tari dan Musik
Depositing User: NUGROHO
Date Deposited: 12 Dec 2024 08:25
Last Modified: 12 Dec 2024 08:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72815

Actions (login required)

View Item View Item