PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN WEBSITE PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP

Hertuti, Anis and Sofnidar, Sofnidar and Marlina, Marlina (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN WEBSITE PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ANIS HERTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
COVER ANIS HERTUTI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Hal. Persetujuan dan Pengesahan Anis Hertuti.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka seyogyanya dilakukan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, yang didukung dengan penggunaan teknologi agar dapat membantu peserta didik untuk mencari informasi dengan lebih leluasa serta kapanpun dan di manapun. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar serta menguji kualitas E-LKPD berbantuan website pada pembelajaran berdiferensaisi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelasa VII SMP. Dalam pengembangan E-LKPD, digunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan validasi dari ahli materi dan ahli desain. Penelitian ini melibatkan guru matematika kelas VII SMP N 1 Kota Jambi serta peserta didik kelas VII E sebagai uji coba kelompok kecil dan peserta didik kelas VII B sebagai uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen validasi materi dan desain, instrumen praktikalitas oleh pendidik dan peserta didik, serta instrumen efektifitas berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian ini adalah suatu produk e-LKPD yang dilihat kualitasnya berdasarkan kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil produk e-LKPD memenuhi kriteria “sangat valid”, diperoleh presentase 81,66% untuk validasi materi dan 89,06% untuk validasi desain yang terletak pada rentang skor 76≤Ps<100 dengan kriteria sangat valid. Produk memenuhi kriteria “sangat praktis” yang dilihat dari hasil angket praktikalitas untuk pendidik dengan presentase 96,05% dan angket praktikalitas peserta didik dengan presentase 94,94% dan memenuhi kriteria sangat praktis. Produk memenuhi kriteria “cukup efektif” yang dilihat berdasarkan hasil perhitungan nilai N-Gain yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu 0,61 dengan presentase 60,74% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Disimpulkan, bahwa e-LKPD berbantuan website pada pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa layak diterapkan dalam proses pembelajaran dan dapat menjadi salah satu alternatif bahan ajar inovatif dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HERTUTI
Date Deposited: 16 Dec 2024 04:37
Last Modified: 16 Dec 2024 04:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72833

Actions (login required)

View Item View Item