PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR 1 PADA MATERI SEMIKONDUKTOR

KARTIKA SARI, AYU PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR 1 PADA MATERI SEMIKONDUKTOR. ARTIKEL ILMIAH. (Unpublished)

[img] Text
cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (890kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Ayu Kartika. 2019. Pengembangan Modul Praktikum Elektronika Dasar 1 Pada Materi Semikonduktor: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Nehru S.Si., M.T., (II) Ahmad Syarkowi M.Pd., Kata Kunci: Modul, Praktikum, Semikonduktor Penelitian ini dilatarbelakangi oleh modul sebelumnya yang memiliki tingkat plagiasi yang tinggi 41%. Modul ini juga memiliki kelemahan lain yaitu bahan/komponen yang dicantumkan dimodul tidak sepenuhnya tersedia dilaboraturium. Selain itu prosedur percobaan pada modul masih kurang dipahami oleh para asisten dosen. Berdasarkan wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah elektronika dasar pada modul tersebut terdapat percobaan yang perlu ditambahkan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium FKIP pendidikan fisika Universitas Jambi pada 3-23 Desember 2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain 4D yang dibatasi sampai tahap Develop. Penelitian ini dimulai dengan pendefinisian kebutuhan, diikuti progress desain dan terakhir proses pengembangan yang meliputi proses validasi dan ujicoba terbatas untuk melihat persepsi para asisten dosen pengguna modul tersebut. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik Milles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek tampilan modul berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 4.19. pada aspek Isi/konten modul ini dikategorikan baik dengan rata-rata 4.94. untuk aspek kebahasaan skor persepsi rat-rata 4.22 dengan kategori baik. aspek yang terakhir adalah aspek kebermanfaatan skor rata-rata persepsi yaitu 4.33 pada kategori baik. pada tahapan validasi, validator menyarankan didalam validasi materi yaitu perlu peningkatan akurasi materi sehingga komponen materi menjadi lebih baik. Pada validasi kebahasaan validator menyarankan peningkatan kriteria komponen perlu dilakukan beberapa perbaikan. Dan terakhir pada validasi penyajian yaitu menyarankan perlu perubahan agar komponen penyajian menjadi lebih baik.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: AYU KARTIKA SARI
Date Deposited: 21 Mar 2019 06:46
Last Modified: 21 Mar 2019 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7296

Actions (login required)

View Item View Item