PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR I PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DAN DIODA

Agnezi, Laura Aliyah and Nehru, Nehru and Syarkowi, Ahmad PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR I PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DAN DIODA. universitas jambi. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (155kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (656kB)
[img] Text
DAFTAR ISI,GAMBAR,TABEL,LAMPIRAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum elektronika dasar I pada materi rangkaian listrik dan dioda, serta mengetahui persepsi asisten dosen terhadap modul praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, development, disseminate) dengan melakukan penelitian sampai tahap development tanpa dilanjutkan ke tahap disseminate. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah asisten dosen pada mata kuliah praktikum elektronika dasar I. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan kamera, lembar wawancara , dan angket persepsi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua teknik analisis data, yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif dan kriteria penialaian. Teknik analisis kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman. Margin yang digunakan pada modul Elektronika Dasar I pada materi rangkaian listrik dan dioda berukuran 1 cm pada bagian atas, bawah, kiri, dan kanan kertas. Ukuran kertas yang digunakan dalam modul ini adalah kertas A5 yang berukuran 14,8 cm x 21 cm. Font yang digunakan dalam modul ini adalah book antique dengan ukuran font 12. Ada empat materi yang terdapat pada modul, yaitu teorema thevenin dan norton, filter pasif, rangkaian seri RLC dan resonansi, serta karakteristik dioda. Pada modul praktikum ini model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran inkuiri terstruktur. Hasil validasi materi terhadap modul mendapatkan skor 7,2 dengan kategori baik. Hasil validasi bahasa mendapatkan skor 8 dengan kategori baik. Hasil validasi penyajian mendapatkan skor 7,625 dengan kategori baik. Adapun hasil angket respon asisten dosen memiliki empat aspek penilaian. Aspek penilaian tampilan memiliki rata-rata skor sebesar 4,28 dengan kategori sangat baik. Aspek penilaian isi/konten mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,01 dengan kategori sangat baik. Aspek penilaian kebahasaaan mendapatkan rata-rata skor 4,06 dengan kategori sangat baik. Aspek penilaian kebermanfaatan modul mendapatkan rata-rata skor 4,0 dengan kategori baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan telah layak untuk digunakan serta respon asisten dosen baik terhadap modul tersebut.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAURA ALIYAH AGNEZI
Date Deposited: 22 Mar 2019 01:49
Last Modified: 22 Mar 2019 01:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7309

Actions (login required)

View Item View Item