Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA

Solichah, Annisa Ayudia (2024) Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Bab V .pdf

Download (117kB)
[img] Text
Cover .pdf

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Halaman pengesahan .pdf

Download (12MB)
[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Keanekaragaman hayati merupakan salah satu materi dalam biologi. Materi ini memerlukan kegiatan praktikum. Praktikum diperlukan untuk membekali peserta didik agar lebih memahami teori yang didapatkan di kelas dan melatih keterampilan di lapangan. Kegiatan praktikum membutuhkan instrumen untuk menunjang pesera didik dan guru dalam melaksanakan praktikum. Salah satu bentuk instrumen adalah Lembar Kerja Praktikum (LKP). Untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan kurikulum dikembangkan Lembar Kerja Praktikum yang memuat rangkaian kegiatan yang sistematis dan terukur. Project Based Learning (PjBL) salah satu model pembelajaran yang dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Praktikum Berbasis PjBL pada Materi Keanekaragaman Hayati di Sma. Metode penelitian yang digunakan R&D (Research and Development) dan menggunakan model penelitian 4D (define,design,develop,dessiminate). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk, angket penilaian guru dan ujicoba yang disebarkan kepada kelompok kecil yang berjumlah 6 peserta didik dan kelompok besar yang berjumlah 15 peserta didik. Pada hasil validasi ahli materi Lembar Kerja Praktikum mendapat persentase akhir 98% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan validasi ahli media mendapat persentase akhir 82 % dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya produk diujicoba kepada siswa yang terdiri dari kelompok kecil dengan persentase 94% dengan kategori “Sangat Baik” sedangkan kelompok besar 86% dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya pada respon guru biologi Lembar Kerja Praktikum mendapat persentase sebesar 91% dengan kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan Lembar Kerja Praktikum Berbasis PjBL pada Materi Keanekaragaman Hayati layak digunakan oleh peserta didik dan guru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Praktikum, PjBL , 4D, Keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Solichah
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:24
Last Modified: 24 Dec 2024 02:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73094

Actions (login required)

View Item View Item