PENGARUH SIKAP BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PPKN FKIP UNIVERSITAS JAMBI

HAJRI, PRIAZKI (2018) PENGARUH SIKAP BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PPKN FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (55kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI...pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Hajri, priazki. 2018. Pengaruh Sikap Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar mahasiswa PPKn FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. M. Salam, M.Si (II) Dona Sariani, M.Pd. Kata Kunci: Sikap belajar, Keaktifan mahasiswa, Hasil Belajar Hail belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya sikap belajar dan keaktifan mahasiswa di dalam proses pembelajaran, dengan memiliki sikap belajar yang baik serta keaktifan yang tinggi didalam proses pembelajaran maka akan berdampak kepada hasil belajar mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar mahasiswa PPKn FKIP Universitas Jambi (2) Mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa PPKn FKIP Universitas Jambi (3) Mengetahui pengaruh sikap belajar dan keaktifan mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa PPKn FKIP Universitas Jambi Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian ex-post facto.variabel dalam penelitian ini adalah sikap belajar (X1), keaktifan mahasiswa (X2) sebagai variabel bebas serta hasil belajar (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPKn FKIP Universitas Jambi angkatan 2016 yaitu sebanyak 35 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini adalah (1) sikap belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari pada ttabel sebesar 2.509 > 2.034 pada signifikansi 0,01 (2) keaktifan mahasiswa memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar daripada ttabel sebesar 3.078 > 2.034 pada signifikansi 0,00. (3) sikap belajar dan keaktifan mahasiswa memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai fhitung lebih besar daripada ftabel sebesar 4.628 > 3.28 pada signifikansi 0,01 serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,224 atau sebesar 22,4%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: PRIAZKI HAJRI
Date Deposited: 22 Mar 2019 01:49
Last Modified: 22 Mar 2019 01:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7310

Actions (login required)

View Item View Item