Amelya, Lola (2024) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbentuk Flipbook Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi. Syntax Literate, 8 (4). ISSN 2541-0849
![]() |
Text
Jurnal.pdf Download (904kB) |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang pesat menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran. Hasil observasi di SMAN 5 Kota Jambi menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih menghadapi kendala seperti rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik, minimnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi, dan masih banyak menggunakan metode pembelajaran konvesional seperti ceramah dan diskusi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran e-modul interaktif berbentuk flipbook untuk siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini yaitu Research & Develoment (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Instrumen pengumpulan data mencakup panduan wawancara, kuesioner validasi ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan produk, kuesioner penilaian guru bidang studi biologi, dan kuesioner respon peserta didik kelas XI. Hasil pengembangan menunjukan bahwa produk e-modul interaktif berbentuk flipbook dapat digunakan dan dimanfaatkan, karena telah melalui tahapan validasi oleh ahli materi dilakukan sebanyak 2 kali dengan hasil akhir sebesar 88,75% yang dinyatakan “sangat layak” dan ahli media dilakukan sebanyak 2 kali dengan hasil akhir sebesar 94,79% yang dinyatakan “sangat layak”. Hasil penilaian guru terhadap produk sebesar 89,95% yang dinyatakan “sangat layak”. Uji coba dilakukan kepada 8 orang peserta didik (kelompok kecil) dan 26 orang peserta didik (kelompok besar). Hasil uji coba pada kelompok kecil sebesar 88,39% yang dinyatakan “sangat baik” dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 90,72% yang dinyatakan “sangat baik”. E-modul yang dikembangkan dilengkapi dengan teks, video, audio, Qr-code, serta quiz interaktif menggunakan wordwall. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media e-modul interaktif berbentuk flipbook yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat mengatasi permasalahan yang berkaitan minat dan motivasi belajar peserta didik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Amelya |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 01:45 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 01:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |