KORELASI ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA DI SMP SE-KECAMATAN MESTONG

Anggraini, Lika (2019) KORELASI ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA DI SMP SE-KECAMATAN MESTONG. Other thesis, Univrsitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESHAN.pdf

Download (700kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA dengan percaya diri pada tingkat SMP dan mengetahui tingkat hubungan dari kedua variabel. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Muaro Jambi, SMP Negeri 10 Muaro Jambi dan SMP Islam Al-Arif Muaro Jambi pada September-November 2018. Data penelitian didapat melalui proses penyebaran angket sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA dan angket percaya diri. Setelah selesai pengambilan data, data kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yang di analisis berdasarkan tingkatan kelas. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas 7 nilai sig sebesar 0,00 yaitu lebih kecil dari 0,05 maka ho ditolak, artinya terdapat korelasi antara percaya diri dengan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA kelas 7 di SMP se-kecamatan Mestong. kelas 8 nilai sig sebesar 0,00 yaitu lebih kecil dari 0,05 maka ho ditolak, artinya terdapat korelasi antara percaya diri dengan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA kelas 8 di SMP se-kecamatan Mestong. kelas 9 nilai sig sebesar 0,00 yaitu lebih kecil dari 0,05 maka ho ditolak, artinya terdapat korelasi antara percaya diri dengan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA kelas 9 di SMP se-kecamatan Mestong. Setiap masing-masing jenjang kelas memiliki tingkat korelasi yang berbeda. Pada kelas 7 menunjukkan tingkat korelasi yang rendah sebesar 0,37. Pada kelas 8 menunjukkan tingkat korelasi dengan kategori cukup dengan nilai sebesar 0,528. Pada kelas 9 menunjukkan tingkat korelasi dengan cukup dengan nilai sebesar 0,553. Berdasarkan hal tersebut didapat korelasi yang positif dengan nilai r mendekati 1. Artinya ketika percaya diri siswa meningkat, sikap siswa terhadap sains juga meningkat. Dari hasil penelitian disarankan bagi guru untuk meningkatkn percaya diri dan sikap siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.

Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LIKA ANGGRAINI
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:45
Last Modified: 22 Mar 2019 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7320

Actions (login required)

View Item View Item