PRAYOGA, M. NANDA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN LUDO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN LUDO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (104kB) |
||
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (154kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
||
Text
BAB I M. Nanda Prayoga FIX.pdf Download (180kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (147kB) |
Abstract
ABSTRAK Prayoga, M. Nanda. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. DR. Drs. H. Khairinal, DPT. BA. M.Si., (2) Dra. Refnida, ME. Kata kunci: permainan Ludo, badan usaha milik negara, pengembangan media Belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang memungkinkan disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan, atau sikapnya. Dalam suatu proses belajar mengajar termasuk mata pelajaran Ekonomi dibutuhkan media pembelajaran. Media pembelajaran diharapkan mampu menarik perhatian siswa dan membuat siswa merasa senang dalam mengikuti proses belajar mengajar. Salah satu media yang dapat menarik perhatian siswa yaitu media permainan Ludo. Penelitian ini bertujuan mendesain media pembelajaran permainan Ludo dan mengetahui respons siswa terhadap produk media pembelajaran permainan Ludo pada materi badan usaha milik negara. Metodologi penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validator terhadap permainan Ludo ini terdiri dari validator materi dan validator media. Subjek ujicoba penelitian ini adalah siswa kelas XI Ips SMA Negeri 4 Kota Jambi. Hasil penelitian pengembangan permainan Ludo dari segi desain memperoleh persentase kualitas 71,66% termasuk dalam kategori “baik” dan dari segi materi memperoleh persentase 76,66% termasuk dalam kategori “baik”. Persentase respons siswa terhadap media berdasarkan hasil ujicoba kelompok kecil yaitu 86,875%. Persentase respons siswa terhadap media berdasarkan hasil ujicoba kelompok besar yaitu 86,31%. Dengan demikian, media pembelajaran permainan Ludo mendapatkan respons yang sangat baik oleh siswa untuk digunakan sebagai media pembelajaran Ekonomi di-SMA kelas XI pada materi badan usaha milik negara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan Ludo pada materi badan usaha milik negara memperoleh respons yang sangat baik oleh siswa, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran Ekonomi di-SMA kelas XI.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | M NANDA PRAYOGA |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 03:27 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 03:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7321 |
Actions (login required)
View Item |