Salsabilla, Shella (2024) Eksplorasi Pemahaman Literasi Membaca Teks Narasi Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I Skripsi Shella (1).pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB V Skripsi Shella (2).pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
COVER_.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan Skripsi Shella Rev Sidang.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
halaman Pengesahan_.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
Skripsi Shella Salsabilla.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Salsabilla, Shella. 2024 Eksplorasi Pemahaman Literasi Membaca Teks Narasi Pada Peserta didik Sekolah dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd., M.Comp.Eng. (II) Silvina Noviyanti, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : pemahaman, literasi, membaca, teks narasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemahaman literasi membaca teks narasi peserta didik sekolah dasar dalam memahami informasi dan merefleksi informasi serta mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat pemahaman literasi membaca peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 132 Kota Jambi pada bulan Juli sampi dengan Agustus 2024. pengumpulan data penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumtasi, dan tes. Setelah data dikumpulkan data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman literasi membaca teks narasi peserta didik kelas III SD Negeri 132 Kota Jambi melalui memahami informasi dalam penelitian ini, berdasarkan kualifikasi adalah cukup baik. Hal ini disebabkan presentasi peserta didik yang memperoleh nilai 10 (sangat baik) dan nilai 8 (baik) berjumlah 69,50%. Pemahaman literasi membaca teks narasi peserta didik kelas III SD Negeri 132 Kota Jambi melalui merefleksi informasi dalam penelitian ini, berdasarkan kualifikasi adalah baik. Hal ini disebabkan presentase peserta didik yang memperoleh nilai 5 (sangat baik) dan nilai 3 (cukup baik) berjumlah 82,61 %. Faktor penghambat pemahaman literasi membaca peserta didik SD Negeri 132 Kota Jambi adalah dari peserta didik itu sendiri (kurangnya minat baca), dari sekolah ( perpustakaan yang kurang nyaman), dan dari orang tua (kurangnya perhatian). Dari hasil penelitian ini kepada kepala sekolah dan guru disarankan agar senantiasa aktif menggiatkan kegiatan yang bertujuan terhadap peningkatan literasi membaca peserta didik. Pendampingan dari guru diperlukan dalam kegiatan pojok baca guna memberikan dampak maksimal bagi minat memabaca peserta didik. Kegiatan literasi bersama agar selalu dijadwalkan, dan jika cuaca hujan lokasinya dapat dipindahkan ke perpustakaan sekolah. Kepala sekolah perlu mengupayakan agar kondisi perpustakaan dapat lebih rapi dan nyaman serta dilengkapi buku buku bacaan non akademik yang lebih beragam, sehingga kegiatan terkait literasi membaca dapat menggunakan perpustakaan, sekaligus menjadi lokasi alternatif bagi peserta didik dalam menghabiskan waktu istirahat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman, literasi, membaca, teks narasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SALSABILLA |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 03:20 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |